Dukung Kebangkitan UMKM, BRI Gelar Acara Pesta Rakyat Simpedes di Kota Tasikmalaya

Dukung kemajuan UMKM dan transaksi digital melalui QRIS, BRI gelar Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2022 di Tasikmalaya.

Penulis: And | Editor: APS
Dok. BRI
Hadir berbagai bazar dari booth UMKM dan pertunjukan seni budaya lokal hingga nasional turut memeriahkan gelaran PRS 2022 yang hadir di Kota Tasikmalaya. 

TRIBUNJABAR.ID – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) sukses menggelar Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2022 di Lapangan Dadaha, Kota Tasikmalaya, Jumat (26/8/2022) hingga Minggu (28/8/2022).

Chief Executive Officer (CEO) Regional BRI Kantor Wilayah (Kanwil) Bandung Ida Bagus Ketut Subagya mengatakan, gelaran PRS 2022 ini bertujuan untuk memberikan dukungan penuh terhadap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta memberikan edukasi digital dan keuangan kepada masyarakat.

“Dukungan diperlukan dari berbagai pihak untuk membangkitkan UMKM yang selama ini terdampak pandemi Covid-19. Kegiatan ini mengusung enam pilar, yakni pasar, panggung, Pojok X’sis, peduli, pawai, dan panen,” ungkap Ida Bagus dalam keterangan persnya, di Jawa Barat (Jabar), Selasa (30/8/2022).

Ida Bagus mengatakan, acara yang dihadiri oleh hampir 30.000 ribu warga Tasikmalaya dan sekitarnya itu merupakan kegiatan kelima yang diselenggarakan oleh BRI dari 12 kota.

Adapun kegiatan ini merupakan komitmen dan konsistensi BRI untuk mendorong UMKM untuk bisa Pede Memimpin Perubahan melalui pelatihan dan pemberdayaan.

“Selain itu, adanya kegiatan PRS 2022 ini juga menunjukkan kepada masyarakat untuk mulai beralih menggunakan sistem pembayaran quick response code Indonesian standard (QRIS) yang efisien dan fleksibel serta mendukung perintah untuk mengurangi penggunaan uang fisik,” ujar Ida Bagus.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggelar acara Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2022 DI Lapangan Dadaha, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, pada Jumat (26/8/2022) hingga Minggu (28/8/2022).
Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggelar acara Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2022 DI Lapangan Dadaha, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, pada Jumat (26/8/2022) hingga Minggu (28/8/2022). (Dok. BRI)

Tak hanya itu, kata dia, para pelaku UMKM yang hadir pada gelaran PRS 2022 ini juga diberikan pelatihan-pelatihan melalui Kelas UMKM, workshop, serta Kelas Inklusi Keuangan.

Pelatihan ini membahas mengenai bagaimana mengelola keuangan, membahas mengenai persaingan industri, belajar digitalisasi pada UMKM, serta membahas investasi saham untuk masa depan.

“Pelatihan ini akan memberikan pemahaman yang lebih agar para pelaku UMKM ini bisa lebih percaya diri (pede) dalam berbisnis dan mampu mengembangkan bisnisnya lebih lebar lagi,” katanya.

Sejalan dengan Ida Bagus, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tasikmalaya Hadian mengatakan, pemerintah akan terus berusaha untuk mendukung UMKM, khususnya di Tasikmalaya untuk bangkit kembali dari keterpurukan selama dua tahun kebelakang akibat dari pandemi Covid-19.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved