11 ABK KM Teman Niaga Masih Hilang, KSAL Perintahkan Panglima Koarmada II untuk Bantu Cari

Menurut Yudo Margono, TNI AL telah mengerahkan empat Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) untuk mencari 11 ABK KM Teman Niaga itu

Tribunnews.com/Gita Irawan
ILUSTRASI- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono memerintahkan Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II) Laksda TSNB Hutabarat mencari 11 ABK KM Teman Niaga itu. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA- Lebih satu pekan, sebelas anak buah kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Teman Niaga masih hilang. 

Pada Senin (22/8/2022) malam, KM Teman Niaga tenggelam di Selat Makassar.

Menurut korban selamat, Muhdi Mufazan, KM Teman Niaga tenggelam karena cuaca buruk saat menuju Biringkassi.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono memerintahkan Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II) Laksda TSNB Hutabarat menemukan 11 ABK KM Teman Niaga itu.

Upaya untuk menemukan 11 anak buah kapal tersebut dapat dilakukan melalui unsur kekuatan yang dimiliki Koarmada II.

“Saya perintahkan Panglima Koarmada II untuk melaksanakan atau bantuan SAR kepada korban yang belum ketemu,” kata Yudo Margono kepada awak media di Markas Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (29/8/2022).

Baca juga: Bermain di Pantai, Anak 12 Tahun di Indramayu Terseret Arus dan Tenggelam

Sejauh ini, ucap Yudo Margono, TNI AL telah mengerahkan empat Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) untuk melakukan pencarian ABK.

Keempat KRI tersebut merupakan unsur TNI AL yang biasa beroperasi di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II. Yudo pun berharap upaya ini dapat menemukan para korban.

“Mudah-mudahan dengan bantuan kapal kita, dapat segera ditemukan korban-korban yang sampai saat ini belum ketemu,” ujar Yudo Margono.

Sebelumnya, empat ABK KM Teman Niaga ditemukan pada Kamis (25/8/2022), pukul 16.00.

Keempat ABK itu diselamatkan kapal Dharma Fery 3 yang sedang berlayar dari Pare-Pare menuju Batulicin.

Menurut korban selamat, Muhdi Mufazan, pada Senin (22/8/2022) sekira pukul 22.00 Wita, KM Teman Niaga tenggelam karena cuaca buruk saat menuju Biringkassi.

Baca juga: Speedboat yang Angkut 4 Orang Humas Kemensos Hilang Kontak, Ditemukan Selamat, Tertahan Cuaca Buruk

Faktor cuaca buruk menjadi kendala besar bagi Tim search and rescue (SAR) gabungan dari TNI Angkatan Laut, Badan Keamanan Laut (Bakamla) dan Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

Selain itu, informasi titik lokasi kejadian yang tidak valid juga mempersulit Tim SAR. Namun demikian, seperti dilansir Antara, tim SAR terus melacak dan mendalami keterangan dari empat korban selamat.

Penulis : Achmad Nasrudin Yahya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KSAL Perintahkan Pangkoarmada II Temukan 11 ABK Kapal Motor yang Hilang di Selat Makassar"

Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved