Musyawarah Rakyat I di Bandung Cari Calon Presiden, Jokowi: Kalau Ketemu, Tolong Saya Dibisiki

Presiden Jokowi mengingatkan relawan agar hati-hati memilih calon presiden atau wakil presiden dan tidak salah menentukan sikap politik di pemilu 2024

Istimewa/ Kemensos
Menteri Sosial RI, Tri Rimaharini dan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pemberian bantuan Asistensi Sosial (Atensi) kepada sejumlah penyandang disabilitas dan warga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Jawa Barat, Minggu (28/8/2022) 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Musyawarah Rakyat (Musra) I Jabar dilaksanakan di GOR Sport Jabar Arcamanik, Minggu (28/8/2022). Musra yang pertama ini dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Rencananya, Musra berikut diselenggarakan di Makassar dan Medan. Musra bakal menampung aspirasi soal usulan nama figur yang bakal didukung sebagai bakal calon presiden (capres) dan cawapres di Pilpres 2024.

Ada lima besar nama bakal capres dan cawapres hasil voting dari hasil Musra ini. Nama-nama tersebut tak akan diumumkan ke publik dan akan langsung diserahkan ke Presiden Jokowi

"Nanti dalam Musra ini. (kalau) sudah ketemu siapa calonnya, tolong saya dibisiki (diberi tahu). Ini kan forum rakyat, boleh kan rakyat bersuara, ini kan negara demokrasi," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi mengingatkan relawan untuk hati-hati memilih calon presiden atau wakil presiden. Ia mengingatkan relawan untuk tidak salah menentukan sikap politik di pemilu.

"Kita harus kade (waspada), hati-hati, ulah gurung gusuh (jangan tergesa-gesa), ulah buru-buru (jangan cepat-cepat), ulah lepat (jangan salah) dalam menentukan siapa calonnya," ujarnya.

Baca juga: Dihadiri Mensos Risma dan Presiden Jokowi, Puluhan Penyandang Disabilitas di Bandung Dapat Bantuan

Jokowi mengingatkan kepada relawannya untuk selalu kompak dan menjaga kerukunan serta persatuan menuju pemilu 2024.

"Saya senang ada di sini. Gagasan Musra ini baik sehingga rakyat punya ruang berdemokrasi untuk sampaikan keinginannya baik mengenai Indonesia hingga pemimpinnya. Yang harus kita ketahui, yang mengusung calon itu memang partai dan koalisinya tapi pada saat pencoblosan yang menentukan itu adalah rakyat," ujarnya.

Jokowi mengatakan Musra ini instrumen dalam berdemokrasi dan berharap bisa memunculkan pemimpin yang dicintai rakyat, dekat dengan rakyat, dan mau turun ke bawah serta tak hanya duduk enak di istana.

"Musra ini forumnya akar rumput. Musra adalah forum rakyat untuk ikut bersuara yang bisa lahirkan agenda kebangsaan. Programnya dirumuskan yang bermanfaat bagi rakyat," ujar Presiden Jokowi.

Sekretaris Panitia Musra I Jabar, Taki Reinhard Parapat menyampaikan bahwa Musra I ini mendapat dukungan yang luar biasa dari rakyat untuk calon presiden di masa depan.

"Tadi pak presiden sampaikan seluruh relawan harua kompak satu komando untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan beliau, karena kami butuh sosok pemimpin yang mirip dan sama untuk lanjutkan pembangunan Indonesia ke depan sampai 2045," katanya di lokasi.

Baca juga: Dikunjungi Jokowi, Pedagang Telur di Pasar Cicaheum Berharap Harga Telur bisa Kembali Normal

Taki pun menegaskan bahwa Musra ini menjadi alternatif atau pilihan untuk menggali nama-nama dari akar rumput untuk disampaikan ke Jokowi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved