Stok Telur Ayam Kembali Normal, Harga Telur di Tingkat Eceran Terus Turun

Beberapa minggu lalu, harga di tingkat eceran telur ayam di Pasar Subuh Ciamis sempat menembus angka Rp 32.000 setiap kilogram

Penulis: Andri M Dani | Editor: Tarsisius Sutomonaio
Tribun Jabar/Deanza Falevi
ILUSTRASI- Seorang pedagang telur di Pasar Baru, Kota Bandung. Harga telur dan beberapa barang pangan naik menjelang Iduladha. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS- Harga telur ayam ras turun menjadi Rp 30.000 per kilogram di Pasar Subuh Ciamis, pada Minggu (28/8/2022).

Beberapa minggu lalu, harga di tingkat eceran telur ayam di Pasar Subuh Ciamis sempat menembus angka Rp 32.000 setiap kilogram, tapi berlahan-lahan turun.

“Tiga hari lalu masih Rp 31.000/kg, tapi hari ini sudah turun ke angka Rp 30.000 per kilogram,” ujar H Anas, pedagang telur ayam di Pasar Subuh Ciamis, kepada Tribun Jabar, Minggu (28/8/2022).

Harga telur ayam di tingkat pasar eceran di Ciamis beberapa minggu lalu sempat melambung tinggi menyusul tingginya daya serap pasar untuk kebutuhan bansos.

“Beberapa hari ini pasokan ke pasar sudah kembali normal. Kiriman telur ke toko sekarang sangat normal. Di tingkat peternak, stok juga sudah kembali normal. Beberapa minggu lalu, waktu harga naik dratis, saya hanya kebagian pasokan setengahnya,” katanya.

Situasi itu membuat harga telur pun bergerak turun mendekati normal.

Baca juga: Di Pasar Cicaheum, Jokowi Ungkap Penyebab Harga Telur Ayam Naik, 2 Minggu ke Depan Sudah Normal

Di tingkat pasar eceran, harga telur Minggu (28/8) masih variatif antara Rp 30.000/kg sampai Rp 31.000/kg. Bahkan ada toko yang mencantum harga telur Rp 30.500/kg.

Sekretaris Perkumpulan Peternak Ayam Priangan (P2AP) H Kuswara Suwarman menyebutkan realisasi harga telur di tingkat peternak di Ciamis dan Tasikmalaya menunjukkan  trend turun.

Realisasi harga telur di tingkat peternak di Ciamis dari pantauan Pinsar, pada Kamis (25/8), menurut H Kuswara, masih Rp 28.000/kg.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved