Garut Akan Ikut Menyumbang Kopi untuk Indonesia dalam Misi Produsen Kopi Terbesar di Dunia

Dengan keterlibatan Garut menyumbangkan kopinya maka dipastikan Indonesia akan menjadi produsen kopi ketiga terbesar di dunia.

Tribun Jabar/ Sidqi Al Ghifari
Menteri Pertanian, Syarul Yasin Limpo saat berkunjung ke salah satu pusat pembibitan kopi di Cibuluh, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Minggu (28/8/2022) 

Laporan Kontributor TribunJabar.id, Sidqi Al Ghifari

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Kopi Garut perlahan mulai menembus pasar dunia, puluhan juta benih kopi yang di tanam di Garut akan segera merambah ke pasar internasional.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pertanian, Syarul Yasin Limpo saat berkunjung ke salah satu pusat pembibitan kopi di Cibuluh, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Minggu (28/8/2022).

"Ada yang hebat hari ini, kami sepakat atas perintah presiden, Garut siap untuk 10 juta bibit kopi untuk Indonesia," ujarnya saat diwawancarai awak media.

Baca juga: Kopi dari Bandung Sudah Diekspor ke Eropa dan Jepang, Sayang Tak Dilakukan Langsung Kelompok Tani

Ia menuturkan dengan keterlibatan Garut menyumbangkan kopinya maka dipastikan Indonesia akan menjadi produsen kopi ketiga terbesar di dunia.

Kopi-kopi asal Indonesia termasuk yang ditanam di Garut, menurutnya, harus bisa masuk ke cafe-cafe ternama yang ada di dunia.

"Kopi menjadi bahasa kemanusiaan, bahasa perdamaian dan bahasa kehidupan, harapan saya suatu saat kopi dari Garut, bisa masuk ke semua cafe besar yang ada di dunia," ucapnya.

Mentan menjelaskan pemerintah pusat akan terus melakukan segala cara untuk membantu petani kopi di Indonesia, termasuk di Kabupaten Garut.

Ia menyebut pengalaman para petani kopi di Kabupaten Garut sudah cukup baik sehingga mampu menghasilkan bibit-bibit yang bagus.

Baca juga: 30 Bartender se-Jabar Ikuti Kompetisi Friendship Koktail Berbahan Kopi

"Saya dengan Pak Bupati Rudy Gunawan sepakat akan hal itu, mudah-mudahan bupati yang lainnya sama semangatnya seperti Bupati Garut," ungkapnya.

Bupati Garut Rudy gunawan mengatakan untuk mencapai mimpi besar agar Kopi Garut bisa go international ia meminta agar lahan produksi kopi di Garut bisa diperluas.

Hal tersebut akan menjadi keuntungan bagi para petani kopi termasuk bisa menciptakan banyak lapangan pekerjaan.

"Ini adalah kabar baik, dan kami kepada pemerintah pusat minta diperluas, kami minta 2 ribu hektare lagi untuk di Kabupaten Garut," ujarnya.

Baca juga: Puluhan UMKM Kopi Pajangkan Produk di Bedas Coffee Festival, 1.500 Pencari Kerja Hadiri Job Fair

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved