Penyuluhan Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Di Smk Bhakti Kencana Majalaya

Tim KKN UBK selenggarakan kegiatan sosialisasi Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Remaja di SMK Bhakti Kencana Majalaya Selasa, 9 Agustus 2022

dokpri
Mahasiswa KKN Kelompok 30 melaksanakan KKN di SMK Bhakti Kencana Majalaya, Bandung (09/07/22) 

TRIBUNJABAR.ID, MAJALAYA - Kekerasan seksual adalah setiap tindakan baik berupa ucapan ataupun perbuatan yang dilakukan seseorang untuk menguasai atau memanipulasi orang lain serta membuatnya terlibat dalam aktivitas seksual yang tidak dikehendaki (Yayasan Pulih, 2017). Kasus kekerasan seksual yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun perlu diwaspadai sedemikian rupa. Data dari SIMFONI PPA (Sistem Informasi Online Perlidungan Anak dan Perempuan) mengungkapkan bahwa pada tahun 2022 terdapat 13.898 kasus yang terdiri dari 2.135 korban laki-laki dan 12.486 korban perempuan. Korban kekerasan seksual juga tidak hanya datang dari kalangan dewasa, tetapi juga remaja dan anak-anak yang ada di Indonesia.

Tim KKN Universitas Bhakti Kencana Bandung menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Remaja di SMK Bhakti Kencana Majalaya sebagai upaya mendukung pencegahan kekerasan seksual pada generasi muda. Kegiatan sosialisasi ini berlangsung pada hari Selasa, 9 Agustus 2022 dan diikuti oleh seluruh siswa dan siswi kelas 11 di SMK Bhakti Kencana Majalaya.

Foto bersama seluruh siswa dan siswi SMK Bhakti Kencana Majalaya (09/07/22)
Foto bersama seluruh siswa dan siswi SMK Bhakti Kencana Majalaya (09/07/22) (dokpri)

 

Panitia KKN Kelompok 30 terdiri dari 20 orang yaitu Dina Novita R, Gina Hanifah, Dinda Azzahra, Laili Rachmi, Putri Azkia Hasanah, Siti Kholisatun Nisa, Sofi Riyani, Siti Iip Afifah, Reza Vieri Samudra, Dinda Laelattas Sirry, Tiara Fadillah Aprilia, Diva Syafitri, Maria M Yelipele, Seni Rairisna, Uyan Supian, Rista Andriani, Rijan Apriana, Rina Lestari. Dosen pembimbing KKN Kelompok 30 terdiri dari 6 orang yaitu Reza Pratama S.Farm.,M.Farm, apt. Mohamad Isronijaya SSi, MM, Ns. Ana Ikhsan Hidayatulloh S.Kep.,M.Kep, Hj. Sri Mulyati Rahayu S.Kp. M. Kes, Elli Fitria M, Kes, Nadia Ushfuri Amini S, Ikom. M.Ikom.

Kegiatan diawali dengan memberikan penjelasan mengenai bagaimana kasus kekerasan seksual di Indonesia, fenomena pergaulan, etika bersosialisasi dalam pergaulan, fenomena bermedia sosial, etika ber-digital, resiko media online, pengenalan jenis-jenis kekerasan seksual, dampak kekerasan seksual online, serta memberikan informasi terkait upaya yang dapat dilakukan untuk menghindari kekerasan seksual. Sosialisasi juga dilakukan dengan penayangan film pendek tentang dampak dari kekerasan seksual. Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh para siswa.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi para siswa dan siswi yang ada di SMK Bhakti Kencana Majalaya, selain itu juga sebagai penyuluhan tentang upaya pencegahan kekerasan seksual kepada para siswa dan siswi yang ada di SMK Bhakti Kencana Majalaya

KKN Kelompok 30 turut serta membantu program Puskesmas Kebon Jeruk Majalaya terkait kesehatan reproduksi  (09/07/22)
KKN Kelompok 30 turut serta membantu program Puskesmas Kebon Jeruk Majalaya terkait kesehatan reproduksi  (09/07/22) (dokpri)

Tidak hanya diberikan penjelasan teori, Tim KKN Universitas Bhakti Kencana turut mengajak para siswa menyuarakan jargon “kekerasan seksual pada remaja, mari bicara atas nama merdeka” sebagai bentuk penolakan terhadap kekerasan seksual. Adapun pihak lain yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan KKN ini yaitu UPT Puskesmas Kecamatan Solokan Jeruk Majalaya yang memberikan penyuluhan mengenai Anemia dilanjutkan dengan mengkonsumsi obat tablet penambah darah yang diikuti oleh siswa-siswi, mahasiswa-mahasiswi, staf puskesmas dan staf dosen yang ikut hadir dalam penyelenggaraan KKN Tematik 2022.

Kepala sekolah SMK Bhakti Kencana yaitu H. Dedi Mulyadi, S.Pd., SKM., S.Kep. MH.Kes mengungkapkan bahwa acara ini sangat dinanti-nantikan dalam hal edukasi kekerasan seksual dimana penyuluhan ini sangat penting sebagai bekal gambaran untuk siswa-siswi supaya bisa terhindar dari kekerasan seksual.

Pimpinan puskesmas UPT Puskesmas Solokan Jeruk Majalaya yaitu ibu Dedeh Helpironi SST, MH menuturkan bahwa pelaksanaan KKN Tematiknya sangat baik, tema yang diangkat sesuai dengan trend dan issue yang ada di Indonesia dan diharapkan generasi muda mengetahui dan dapat mencegah terjadinya kekerasan seksual.

Penerimaan Mahasiswa Baru UBK Gelombang6
Penerimaan Mahasiswa Baru UBK Gelombang6
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved