Peningkatan Kesadaran Hidup Sehat dan Penanggulangan Hipertensi Pada Masyarakat Desa Cilayung

Hipertensi merupakan salah satu Penyakit Tidak Menular (PTM) yang kerap kali menyebabkan seseorang tidak menyadari kondisinya tersebut sedari awal. Pe

Dok. UBK
Tim Universitas Bhakti Kencana beserta warga desa Cilayung 

TRIBUNJABAR.ID, Cilayung, Jawa Barat, 10 Agustus 2022. Hipertensi merupakan salah satu Penyakit Tidak Menular (PTM) yang kerap kali menyebabkan seseorang tidak menyadari kondisinya tersebut sedari awal. Penyandang penyakit tidak menular, terutama Hipertensi, akan sulit diobati dan dikembalikan pada kondisi normal.

Pencegahan melalui pengendalian faktor resiko kondisi Hipertensi menjadi hal yang mutlak diperlukan. Universitas Bhakti Kencana mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan Terpadu untuk mengendalikan dan mencegah berkembangnya penyakit tidak menular, Hipertensi.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan oleh ketua pelaksana Firda Lestary dan anggotanya yaitu Sephia Indah l., Nur Azizah A., Eka Mufa’adah P., Neneng, Mukmin Tilitu, Fitri Maryani R., Eneng Rina N., Dea Royani P., Pebriani Zulhikmah, Roni Koswara, Anisa Hermawati, Egi Kusuma Y., Frisda N., Aldhi Rahmat W., Dela Lorenza, Puji Nabila, Zainab Nur A., Ferawati, Fikri Azhari dan Julia Sri R.. Dipandu dengan bimbingan dari dosen yang diketuai oleh Ibu Linda Widyastuti., S.Psi., M.Psi., Psikolog, disertai dengan 4 anggota tim dosen lainnya yaitu apt. Ani Anggriani, M.Si; Andri Nurmansyah, S. Kep. Ners., M. Kep; Sumarni., STT., M. Kes; dan Tata Juarta,S. Pd., S. KM., MH. Kes.

Peningkatan kesadaran masyarakat akan penyakit tidak menular, Hipertensi, merupakan target utama dalam penyuluhan yang dilakukan oleh tim Universitas Bhakti Kencana dengan mengangkat judul kegiatan “Peningkatan Kesadaran Hidup Sehat Dan Penanggulangan Hipertensi Pada Masyarakat Desa Cilayung”.

Desa Cilayung-Jatinangor, Jawa Barat, merupakan salah satu desa dengan angka penyakit tidak menular (Hipertensi-red) yang tinggi. Berdasarkan data Puskesmas Jatinangor, terdapat 878 kasus Hipertensi pada bulan Juni 2022 di Desa Cilayung.

Untuk itu, dibutuhkan berbagai upaya mengurangi kenaikan angka Hipertensi ini pada masyarakat desa Cilayung.

2 Andri Nurmasnyah, .Kep., Ners., M.Kep.,
Andri Nurmasnyah, .Kep., Ners., M.Kep., -Bagaimana cara mengendalikan hipertensi.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bhakti Kencana bekerjasama dengan Puskesmas Jatinagor dan Aparatur Desa Cilayung, melakukan penyuluhan serta sosialisasi pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat Desa Cilayung.

Kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan terpadu disambut antusias oleh warga Desa Cilayung yang bersemangat mengikuti rangkaian kegiatan penyuluhan dari awal hingga akhir.

Penyuluhan menitik beratkan pada pengetahuan tentang Hipertensi, faktor resiko Hipertensi, tanda dan gejala Hipertensi, pencegahan Hipertensi dan pertolongan pertama pada penderita Hipertensi.

“Hipertensi merupakan penyumbang kasus kematian yang tinggi dan setiap tahunnya meningkat”, ungkap Andri Nurmansyah, S.Kep., Ners., M.Kep., saat melakukan penyuluhan pada warga Desa Cilayung.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved