Upaya Peningkatan Kesehatan Masyarakat Melalui PIS-PK Di desa Alam Endah Kecamatan Rancabali

Universitas Bhakti Kencana mengadakan sebuah kegiatan yaitu KKN PPM TEMATIK Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bhakti Kencana bertemakan “UBK Su

Dok. UBK
KKN kelompok 20 Universitas Bhakti Kencana 

TRIBUNJABAR.ID, Universitas Bhakti Kencana mengadakan sebuah kegiatan yaitu KKN PPM TEMATIK Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bhakti Kencana bertemakan “UBK Support The Sustainable Development Goals” dengan judul “Upaya Peningkatan Kesehatan Melalui PIS-PK (Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga Dan Edukasi Kesehatan) Di desa Alam Endah Kecamatan Rancabali Tahun 2022”.

Yang dilaksanakan oleh kelompok 20 dan terdiri dari 4 Fakultas yaitu Fakultas Farmasi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Ilmu Sosial, dan Fakultas Keperawatan. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Juli s/d Agustus 2022.

Yang diikuti oleh 19 orang mahasiswa/i dan diketuai oleh Ratu Siti Robiatul Awaliyah dengan anggota yaitu Siti Rohmah, Silvia Pebrianti, Lisda Pebriyanti, Erlina Gustriyani, Reny Ika Sukmawati, Jati Zakiah, Leni Hidayanti, Repi Apianti, Nazlia Berlian, Faisal Badruzaman, Deden Selamet Riyadi, Dina Rosmawati, Muhamad Syatibi Al-Asy’ari, Eneng Deti Sri Rahayu, Sahla Nabila, Irpan Husaeri, Cepy Okta Irfiansyah, Intan Pertiwi dengan Dosen pembimbing yang sudah membimbing kami selama persiapan kegiatan yaitu Ibu Meda Yuliani, S.ST.,M.Kes, Bapak Dede Nur Aziz Muslim, S.Kep.,Ners.,M.Kep, Ibu Diana Hidayanti, S.Si.,M.Si, Bapak Cep Ahmad Muhtar, dan Bapak Gilang Fajar Rachadi, S.Farm., MM.

Kelompok KKN 20 menjadikan Desa Alam Endah, Kec. Rancabali, Kab. Bandung sebagai lokasi tempat dilaksanakannya KKN, setelah dilakukan pendataan permasalahan melalui kegiatan PIS PK yg bekerjasama dengan puskesmas rancabali didapatkan hasil permasalahan kesehatan pada penyakit tidak menular yaitu hipertensi dan anemia baik pada lansia pria wanita, wanita usia subur dan juga remaja.

Oleh karena itu oleh tim dilakukan edukasi tentang “Peningkatan Kesehatan Dengan Edukasi Mengenai Hipertensi Dan Anemia” melalui metode ceramah penyuluhan dan pemberian media edukasi yaitu berupa leafleat dan video.

Dengan hal tersebut masyarakat bisa mengetahui penyebab, penanggulangan dan perilaku hidup sehat bagi penderita hipertensi dan anemia.

Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana ()
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved