Seminar Kesehatan Mental Remaja : Start To Love Yourself

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KNN PPM) Tematik tahun 2022 kelompok 21 Universitas Bhakti Kencana yang bekerja sam

Dok. UBK
Kelompok 21 Universitas Bhakti Kencana yang bekerja sama dengan SMA Negeri 27 Bandung dan Puskesmas Cempaka Arum. 

TRIBUNJABAR.ID, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KNN PPM) Tematik tahun 2022 kelompok 21 Universitas Bhakti Kencana yang bekerja sama dengan SMA Negeri 27 Bandung dan Puskesmas Cempaka Arum.

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 21 adalah Andri Hermawan, Alfi Al Faadhila, Wulan Maulani Suryanti, Lastri Erlinda Sinaga, Dhyta Muta’aaliya, dan Adilah Khairunnisa dari fakultas Farmasi; Amelia Pebe Penita, Gisa Cahyani, Mirazul Nurul Iman, Mohammad Azril, Retsa Audi, Raghiel Anjani Putri, Susilawati, dan Widilah Azzahra dari fakultas Keperawatan; Tsalitsa Nur Salsabila Mustary, Neng Kardilah, Siti Nurul Visa Azahra, Rizcky Darajat, Aqillah Afifah, dan Windy Melza Putri dari fakultas Ilmu Kesehatan. Kelompok 21 ini dibimbing oleh dosen pembimbing yang terdiri dari Bapak Suherdin, S.KM., M.KKK, Ibu Apt. Yanni Dhiani M., MBSc, Bapak Yoko Jimmy Panjaitan, MPsi., Psikolog, Ibu Ni Made Gita Gumangsari, S.Tr.Keb., M.Kes dan Ibu Reni Nurdianti, S.KM., M.K.M .

Program kerja KKN PPM Tematik yang diambil oleh kelompok 21 yaitu Seminar yang bertemakan Kesehatan Mental Remaja dengan judul “Start to love Yourself” dimana program kerja ini kami anggap sangat relevan dengan hasil analisis yang kami lakukan di SMAN 27 Bandung dengan siswa-siswi kelas 12 sebagai sasarannya.

Seminar ini diangkat berdasarkan hasil analisis situasi yang dilakukan oleh kelompok 21 KKN kami di lingkungan mitra kami yaitu SMAN 27 Bandung dan Puskesmas Cempaka Arum.

Dari hasil tersebut kami menemukan permasalahan yang cukup umum dirasakan oleh siswa-siswi kelas 12 yaitu mengenai bagaimana menjaga kesehatan mental terutama pada point cara mencintai diri sendiri.

2 Seminar Kesehatan Mental Remaja ini dilaksanakan pada hari Selasa,
Seminar Kesehatan Mental Remaja ini dilaksanakan pada hari Selasa, 09 Agustus 2022 di SMAN 27 Bandung

Seminar Kesehatan Mental Remaja ini dilaksanakan pada hari Selasa, 09 Agustus 2022 di SMAN 27 Bandung. Kegiatan ini dihadiri oleh 52 peserta dari perwakilan kelas 12 SMAN 27 Bandung dan beberapa tamu undangan salah satunya dari pihak Puskesmas Cempaka Arum yaitu Ibu Cahyati Ramadhan selaku pemegang program kesehatan jiwa.

Acara seminar ini diawali dengan melakukan pembukaan oleh pembawa dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya , Mars UBK dan Hymne SMAN 27 Bandung.

Kegiatan selanjutnya berupa menyampaikan kata Sambutan dari Ketua Kelompok 21 yaitu Andri Hermawan, kemudian perwakilan dari dosen Pembimbing yaitu Bapak Yoko Jimmy Panjaitan, MPsi., Psikolog dan terakhir sambutan dari pihak SMAN 27 Bandung oleh Ibu Ika Puspita Wati selaku staff kurikulum.

Setelahnya acara diambil alih oleh moderator yaitu saudari Siti Nurul Visa Azahra yang akan memandu berjalannya acara inti yaitu pemaparan materi dan diskusi tanya jawab dengan narasumber.

Pemaparan materi seminar dilakukan oleh Ibu Nisa Indah Pertiwi, S.Psi.,M.Psi.,Psikolog selama kurang lebih 40 menit memaparan materinya mengenai kesehatan mental anak-anak usia sekolah atau remaja sehingga mereka dapat mengetahui dan dapat memenuhi kebutuhan psikologis mereka sehingga mereka lebih dapat menyayangi diri mereka sendiri ,lalu dilanjutkan dengan acara ice breaking yang dilakukan oleh tim panitia KKN kami .

Kemudian dilanjutkan dengan acara penyerahan cendramata kepada narasumber, moderator dan mitra yang diberikan secara langsung oleh ketua kelompok 21 dan dosen pembimbing yang hadir dalam acara tersebut.

Tidak lupa juga penyerahan doorprize kepada peserta yang memenuhi beberapa kategori untuk memenangkan doorprize. Untuk mengevaluasi pengetahuan peserta seminar dianjurkan untuk mengisi pre test dan post test yang telah diselediakan oleh kelompok 21.

3 Seminar Kesehatan Mental Remaja ini dilaksanakan pada hari Selasa
Seminar Kesehatan Mental Remaja ini dilaksanakan pada hari Selasa, 09 Agustus 2022 di SMAN 27 Bandung

Diadakannya Seminar Kesehatan Mental Remaja ini diharapkan remaja khususnya siswa SMAN 27 Bandung dapat lebih paham betapa pentingnya menjaga kesehatan mental dan bisa menerapkan hal-hal tersebut.

Untuk kedepannya juga diharapkan bisa membantu orang-orang yang membutuhkan dukungan akan kesehatan mental sesuai dengan jargon yang dikatakan pembawa cara yaitu“ kesehatan mental pondasi membangun negeri” lalu dijawab “I care, you care, we care”.

Karena masyarakat yang sehat berasal dari individu-individu yang sehat, tidak hanya secara fisik tapi juga psikis. Salah satu peserta menyampaikan kesan pesan untuk acara ini “Setelah mengikuti acara ini jadi lebih paham mengenai bagaimana tips lebih mencintai diri sendiri” tutur Fadly Dwi.

Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana ()
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved