Penyuluhan dan Pengukuran Tekanan Darah pada Warga dalam Rangka Mewujudkan Desa Cibiru Wetan Sehat

Pembukaan kegiatan KKN kelompok 19 Universitas Bhakti Kencana dengan judul " Penyuluhan dan Pengukuran Tekanan Darah pada Warga Rw 03 dalam Rangka Mew

Dok. UBK
KKN kelompok 19 Universitas Bhakti Kencana 

TRIBUNJABAR.ID, Bandung, 30 Juli 2022 - Pembukaan kegiatan KKN kelompok 19 Universitas Bhakti Kencana dengan judul " Penyuluhan dan Pengukuran Tekanan Darah pada Warga Rw 03 dalam Rangka Mewujudkan Desa Cibiru Wetan Sehat" yang dilaksanakan tepat berada di Kampung Lansia yang dikelola oleh Kader setempat terutama Ibu Herlin dan Ibu Fitri. Dalam salah satu programnya, Kampung Lansia mengadakan kegiatan senam rutin lansia seminggu sekali.

KKN Tematik LPPM UBK Kelompok 19 dibimbing oleh 6 dosen pembimbing yang diketuai oleh Ibu Nisa Indah Pertiwi, S. Psi., M. Psi., Psikolog dan anggotanya yaitu Ibu Dr. Apt. Yani Mulyani, M. Si, Ibu Fenti Fatmawati, M. Si, Bapak Anri, S. Kep., Ners., M. Kep, Ibu Amelia Kandisa, S. IP., MH. Dan di kelompok 19 ini terdapat 20 mahasiswa yang tidak hanya berasal dari UBK pusat, namun juga dari UBK Garut dan UBK Subang dan juga mahasiswanya berasal dari berbagai fakultas dan prodi yang berbeda-beda yang diketuai oleh Diki Triana, dan anggotanya yaitu Ismi Puadah Nuroniah, Siti Patimah, Riska Nurhalizah, Leali Reriyan Febriani, Nurmayanti, Devi, Asep Suryanto, Kania Dewi Patmawati, Putri Septiani, Muhamad Razad, Akmal Fadhlurrohman, Tiara Cucu Putri, Siska Oktapiani, Widya Fauzira, Riski Nurul Insani, Diki Triana, Rejma Rahmah Faujiah, Nurmalasari, Muhammad Rizki Dwi Fillian Saputra, dan Rangga Pramudya.

2 Pemberian Penyuluhan Mengenai Hipertensi
Pemberian Penyuluhan Mengenai Hipertensi

Acara pembukaan KKN ini disambut sangat baik dan mendapatkan respon baik dari kalangan kader dan juga para lansia setempat, terlihat dari antusias para lansia yang menghadiri kegiatan KKN tahap 1 ini, diantaranya ketika pemeriksaan kesehatan saat mereka baru datang ke Taman Lansia mereka rela mengantri untuk pemeriksaan tekanan darah, dan setelah itu para lansia melakukan senam pagi bersama para mahasiswa KKN Kelompok 19 Universitas Bhakti Kencana.

Ibu Nisa, S.Psi., M.Psi., Psikolog selaku pembimbing KKN kelompok 19 menuturkan rasa terima kasih kepada mitra terutama Kampung Lansia karena telah mengizinkan para mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan KKN di wilayah Rw 03 Cibiru Wetan. Beliau berharap semoga kegiatan KKN ini bermanfaat bagi para lansia untuk lebih mengetahui tentang hipertensi.

Kemudian setelah penyampaian sambutan, dilanjut dengan meresmikan kegiatan KKN Kelompok 19 sekaligus pemotongan tumpeng oleh Bapak Anri, Skep., Ners., M.Kep sebagai bentuk simbolis dibukanya KKN “Penyuluhan dan Pengukuran Tekanan Darah pada masyarakat RW 03 dalam rangka mewujudkan Desa Cibiru Wetan sehat.

Acara selanjutnya yaitu menyampaikan materi tentang hipertensi kepada lansia yang di sampaikan oleh bapak Anri, Skep., Ners., M.Kep. Sedikit materi yang di sampaikan oleh beliau yaitu menjelaskan tentang apa itu hipertensi, “ Hiper “ memiliki arti berlebih dan “tensi” artinya tekanan, maka arti dari hipertensi adalah keadaan tekanan darah diatas nilai normal atau biasa di sebut penyakit darah tinggi, kapan seseorang bisa dikatakan hipertensi ketika tekanan darahnya lebih dari 140/90 mmHg dari tiga kali pemeriksaan terpisah (jarak 1-2 minggu) dan diperiksa dalam keadaan rileks.

Untuk mencegah terjadinya hipertensi kita bisa merubah gaya hidup menjadi lebih sehat, karena gaya hidup yang baik bisa berpengaruh terhadap tekanan darah terutama berat badan, pola makan, olahraga, dan hindari stress dan emosi.

Setelah diadakannya pemeriksaan tekanan darah tahap 1 dan juga penyuluhan mengenai hipertensi, maka diadakan kembali kegiatan pemeriksaan kesehatan tahap 2 yaitu seminggu setelah tahap pertama dilakukan, untuk melihat apakah ada perubahan dari hasil tekanan darah para lansia penderita hipertensi setelah dilakukannya penyuluhan mengenai pola hidup sehat untuk mengurangi resiko hipertensi pada lansia.

Pemeriksaan tekanan darah tahap 2 pada lansia dilakukan pada hari Sabtu, tanggal 6 Agustus 2022. Dari hasil pemeriksaan tersebut terdapat 6 dari 34 orang yang tekanan darahnya masih tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa setelah penyuluhan mengenai hipertensi dilakukan, terdapat penurunan banyaknya lansia yang tekanan darahnya tinggi, karena pada pemeriksaan tahap pertama terdapat 13 lansia yang dinyatakan tekanan darahnya tinggi sedangkan pada tahap kedua hanya terdapat 6 lansia yang tekanan darahnya masih tinggi.

Setelah pemeriksaan tekanan darah tahap 2 selesai, dilanjut dengan pemberian dorprize kepada para lansia atas antusias nya dan cendera mata berupa alat tensi darah dan juga sejumlah uang tunai yang diberikan kelompok KKN kami kepada mitra sebagai ucapan terima kasih. Kami juga mengabadikan momentum kegiatan KKN dengan foto bersama para lansia dan para dosen yang hadir. Beberapa dokumentasi KKN kelompok 19 kami upload di Instagram kami

https://instagram.com/kkntematik.ubk22?igshid=YmMyMTA2M2Y=
Dan juga ada beberapa video yang kami upload di youtube
https://instagram.com/kkntematik.ubk22?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana ()
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved