Pentingnya Meningkatkan Kesadaran Terhadap Kesehatan Dan Kesejahteraan Bagi Masyarakat Desa Dampit

Universitas Bhakti Kencana dibawah Lembaga LPPM-UBK mengadakan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata dan Program Pembe

Dok. UBK
Kegiatan KKN-PPM Tematik Kelompok 16 di Desa Dampit 

TRIBUNJABAR.ID, Universitas Bhakti Kencana dibawah Lembaga LPPM-UBK mengadakan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata dan Program Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Tematik dengan mengusung Tema “UBK Support the Sustainable Development Goals” .

Terdapat 703 mahasiswa yang mengikuti KKN-PPM Tematik 2022, kemudian dibagi menjadi 35 kelompok dengan 6 dosen pembimbing pada setiap kelompoknya.

Untuk menangani hal tersebut Peserta KKN kelompok 16 Universitas Bhakti Kencana yang beranggota 20 mahasiswa dari fakultas keperawatan, farmasi, Anestesiologi, kebidanan dan psikologi. Diketuai oleh Fauzi ali Rahman, bersama anggotanya Rita Setiawati, Winda, Abdul Gani, Sarah Dwi Agustin, Opi Nurul Salsabila, Intan Lestarina, Rosadalima Tere Tobin, Salwa Agnia, Ari Sanjaya, Moch. Hafidz, Aznan Khair, Diana Octavianti Awinero, Dhia Enipilia, Adinda Putri, Vina Oktaviana Putri, Eva Rofiah, Seli Andini, Sheery Meydina Putri M. Tim dosen apt. Wempi Budiana, M.Si., Madinatul Munawaroh,S.PD.,M.KM., Yuyun Sarinengsih,S.Kep,Ners.,M.Kep, Sri Wahyuni, M.K.M, Idar, M.Si. melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penyuluhan mengenai waspada hipertensi, senam hipertensi, dan pelatihan pembuatan jus mentimun dan jus belimbing untuk masyarakat penderita hipertensi di Desa Dampit, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung.

2 Kegiatan Cek Kesehatan dan Edukasi Penyakit Hipertensi dengan Door To Door
Kegiatan Cek Kesehatan dan Edukasi Penyakit Hipertensi dengan Door To Door

Kegiatan cek Kesehatan dan edukasi hipertensi dengan Door To Door yang dilakukan oleh Peserta KKN Kelompok 16. Kegiatan ini membantu masyarakat untuk mengetahui nilai normal tekanan darah sehingga dapat lebih mengetahui apa yang harus dilakukan ketika memiliki Riwayat hipertensi.

Selain itu kegiatan pengisian kuesioner dibantu oleh peserta KKN yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Kemudian dilanjut dengan demonstrasi pembuatan jus mentimun dan jus belimbing.

3 Kegiatan Demonstrasi Pembuatan Jus Mentimun dan Belimbing
Kegiatan Demonstrasi Pembuatan Jus Mentimun dan Belimbing

Pemilihan pembuatan jus mentimun dan belimbing ini dikarenakan produk tersebut simple, mudah didapatkan dilingkungan tersebut dan mudah dalam pembuatannya.

Jus mentimun dan belimbing ini dibuat oleh masyarakat di Desa Dampit RT 02 RW 04 dengan bimbingan langsung oleh para peserta KKN yang terlibat, hasil dari pembuatan jus mentimun dan belimbing ini akan dibagikan kepada masyarakat secara gratis, pembagian jus mentimun dan belimbing ini bertujuan untuk upaya pencegahan hipertensi dan peduli akan Kesehatan diri pribadinya dan masyarakat lainnya agar terhindar dari penyakit hipertensi.

Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana ()
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved