Pemanfaatan Limbah Yang Berdaya Guna Untuk Masyarakat

Mahasiswa UBK Kelompok 12 adakan KKN bertema mengenai pemanfaatan limbah di Desa Mandalasari Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

dok. UBK
Mahasiswa UBK Kelompok 12 adakan KKN bertema mengenai pemanfaatan limbah di Desa Mandalasari Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 

TRIBUNJABAR.ID,- Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan suatu kesepakatan pembangunan baru mendorong perubahan-perubahan yang bergeser ke arah pembangunan berkelanjutan yang berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan untuk mendorong pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup. Berbagai kegiatan dan program telah diterapkan untuk menjadikan langkah-langkah strategis dalam menyukseskan Sustainable Development Goals (SDGs). Adapun tujuan Pembangunan Berkelanjutan ini adalah agenda 2030 yang merupakan kesepakatan pembangunan berkelanjutan berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan. TPB/SDGs berprinsip Universal, integrasi dan inklusif untuk meyakinkan bahwa tidak ada satupun yang tertinggal atau disebut “NO ONE LEFT BEHIND”. 

Desa Mandalasari adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung. Desa ini memiliki permasalahan yaitu hilang kesadaran terhadap sampah,  kasus ini menjadi tantangan kesehatan warga secara global. Dampak dari limbah rumah tangga secara sembarangan akan mengakibatkan kerusakan dan pencemaran pada lingkungan, perbuatan ini sangat berdampak buruk bagi masyarakat, seperti mengakibatkan banjir dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Sampah rumah tangga merupakan sampah yang paling dominan didesa tersebut, sampah tersebut dihasilkan dari aktivitas memasak yang dilakukan oleh ibu – ibu warga setempat. Sisa – sisa dari bahan tersebut dibuang secara sembarangan ini yang menyebabkan lingkungan didesa tersebut tercemar hal ini menjadi acuan kami dalam memilih tempat KKN (Kuliah Kerja Nyata) kami membawa tema mengenai pemanfaatan limbah. Desa Mandalasari terletak di Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dengan Luas Wilayah (km2). 32.04.27.2001.

Dengan adanya kegiatan KKN Tematik 2022, kami mengadakan program yang dapat membantu warga tersebut untuk meminimalisir permasalahan yang terdapat didesa Mandalasari. Kegiatan telah dilaksanakan dari tanggal 1 Agustus sampai dengan tanggal 6 Agustus. Kelompok 12 melakukan KKN di Desa Mandalasari selama 6 hari. Saat KKN program yang dilaksanakan diantaranya penyuluhan dan pelatihan tujuan kami melakukan program ini agar warga tersebut mendapatkan ilmu pengetahuan tentang pengolahan sampah dengan baik dan benar.

Kegiatan KKN-PPM TEMATIK Kelompok 12 ini dilaksanakan oleh ketua pelaksana Ahmad Jazuli dan anggotanya yaitu Daula Z. Zinan, Fikran H.Rasyadi, Relis Despiyanti, Siti S. Qoidah, Novi Nuraeni ,Gita T. Maulidina, Azrha F. Koswara, Arsila S. Banowati, Intan Mazwhrini, Pipit Aryanti, Ega D. Kurnia, Hilman Nudin, Fenisa J.P. Rambulangi, Farah A. Ghufran, Adka A. Pebrianti, Rena Ahlelawati, Aneu R. Nur Aisah, Lintang A. Driajati, Reflechya Hattu, serta dipandu dengan bimbingan dari dosen yang diketuai oleh Sri Lestari Kartikawati, S.ST,. M.Keb disertai dengan 4 anggota tim dosen lainnya yaitu Anne Yuliantini, M.Si, Haerul Imam, S.Kep, Ners, Nur Rakhmanto Heryana, S.Psi., M.Psi, Asep Mulyana, S.Kep.

Pelaksanaan dengan metode pelatihan warga dapat langsung turun tangan dalam proses pemanfaatan limbah rumah tangga tersebut, sehingga warga dapat mempraktekan langsung ditempat tinggal mereka masing – masing. Sebelum kegiatan kami dilakukan, kami ada program pemeriksaan tensi darah dan penimbangan berat badan secara. Kami juga membuat doorprize agar memeriahkan kegiatan kami dan beberapa pertanyaan untuk menguji pemahaman warga tersebut. Berikut adalah kegiatan – kegiatan yang kami lakukan :

1.      Penyuluhan dan Pelatihan Pemanfaatan Limbah

Penyuluhan dan Pelatihan Pemanfaatan Limbah
Penyuluhan dan Pelatihan Pemanfaatan Limbah (dok. UBK)

Penyuluhan yang dilaksanakan ini memberikan informasi mengenai pentingnya pemanfaatan limbah, dengan tujuan memberikan suatu edukasi dan wawasan luas kepada warga Desa Mandalasari dan pelatihan yang bertujuan agar warga dapat mempraktekannya langsung. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat sehingga akan berkelanjutan dalam tatanan kehidupan sehari – hari. 

2.  Evaluasi Kepada Warga

Evaluasi Kepada Warga
Evaluasi Kepada Warga (dok. UBK)

Setelah selesai penyuluhan ada pelatihan langsung dari narasumber yang bertujuan agar warga setempat bisa lebih dalam memahami dan mengerti dalam pembuatan media tanam yang dimanfaatkan dari limbah rumah tangga. Selanjutnya pada keesokan harinya program kami yaitu melakukan evaluasi disetiap RT untuk mengulang kembali apa yang telah disampaikan oleh narasumber, hal ini bertujuan agar warga dapat turun tangan langsung mempraktekkan yang telah mereka pahami

Evaluasi Kepada Warga
Evaluasi Kepada Warga (dok. UBK)

3.      Pemeriksaan Tekanan Darah

Pemeriksaan Tekanan Darah
Pemeriksaan Tekanan Darah (dok. UBK)

Pemeriksaan tekanan darah gratis berlangsung didesa Mandalasari untuk memberikan pelayanan kesehatan. Keuntungan dari tes tekanan darah ini adalah membantu mendeteksi kemungkinan atau risiko terkena tekanan darah tinggi. Hipertensi juga merupakan suatu keadaan dimana tekanan darah pada pembuluh darah meningkat secara kronis, yang terjadi karena jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan oksigen dan nutrisi, sehingga dapat mengganggu fungsi organ lain terutama vital organ seperti jantung dan ginjal.

Penerimaan Mahasiswa Baru UBK Gelombang6
Penerimaan Mahasiswa Baru UBK Gelombang6 
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved