Pemilu 2024

KPU Sumedang Verifikasi 24 Partai Politik, Dicek Soal Anggota, Kepengurusan, dan Sekretariat

Ketua KPU Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi melakukan verifikasi faktual dengan mengecek partai peserta pemilu punya anggota, kepengurusan, dan sekretariat

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/KIKI ANDRIANA
Ketua KPU Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi melakukan verifikasi faktual dengan mengecek 24 partai politik peserta pemilu punya anggota, kepengurusan, dan sekretariat. 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR ID, SUMEDANG - Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah dimulai sejak kini. Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah memverifikasi administrasi partai politik.

Ketua KPU Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi mengatakan bahwa KPU RI telah membuka pendaftaran untuk parpol peserta Pemilu 2024.

Untuk itu, KPU Sumedang melakukan verifikasi faktual dengan mengecek bahwa partai peserta pemilu punya anggota, kepengurusan, dan sekretariat

Pendaftaran itu terhitung tanggal 1-14 Agustus 2022.

"Ada 40 parpol yang mendaftar tetapi hanya 24 parpol yang dinyatakan memenuhi syarat ketika pendaftaran dilakukan," kata Ogi saat diwawancara TribunJabar.id, di Sumedang, Rabu (24/8/2022).

Dia mengatakan, ke-24 parpol itu mulai 16 Agustus 2022 diverifikasi hingga 26 Agustus 2022.

"Dalam verifikasi, bisa saja ada perbaikan yang harus dilakukan oleh parpol pendaftar Pemilu. Untuk perbaikan, ada waktu tersendiri," kata Ogi.

Waktu untuk klarifikasi hal-hal yang dinyatakan KPU perlu perbaikan adalah pada tanggal 27-28 Agustus 2022.

Setelah melaksanakan verifikasi data, KPU Sumedang yang dalam hal ini berkesuaian dengan KPU RI memverifikasi 24 partai, dengan tidak adanya partai berskala daerah, akan melanjutkan ke tahap verifikasi faktual.

"Verifikasi faktual kami cek dan buktikan bahwa partai peserta pemilu punya anggota, kepengurusan, dan sekretariat," kata Ogi. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved