Pemilu 2024

KPU Kota Sukabumi Temukan Ribuan Data Ganda Anggota Parpol Dalam Sistem Informasi Partai Politik

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi menemukan ribuan data ganda anggota partai politik di dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Penulis: Dian Herdiansyah | Editor: Darajat Arianto
Tribun Jabar/Dian Herdiansyah
Divisi Teknis dan Penyelenggaran KPU Kota Sukabumi, Agung Dugaswara dan Ketua KPU Kota Sukabumi Sri Utami. KPU Kota Sukabumi menemukan ribuan data ganda anggota partai politik di dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Sukabumi, Dian Herdiansyah

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi menemukan ribuan data ganda anggota partai politik di dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Divisi Teknis dan Penyelenggaran KPU Kota Sukabumi, Agung Dugaswara mengatakan, pihaknya sudah melakukan verifikasi data hingga per tanggal 22 Agustus 2022, ada sejumlah 17.208 anggota partai sudah selesai diverifikasi.

"Kegiatan tindak lanjut hasil verifikasi oleh partai politik terhadap dugaan keanggotaan ganda dan keanggotaan yang berpotensi tindak memenuhi syarat keanggotaan," ujarnya kepada Tribunjabar.id, Rabu (24/8/2022).

"Setelah kami verifikasi secara otomatis ditemukan oleh sistem dalam sipol, ada 2003 data ganda anggota eksternal atau antar parpol," kata Agung.

Baca juga: KPU Sumedang Lakukan Verifikasi Cari Anggota Berpartai Ganda, Jika Ditemukan Ini yang Akan Dilakukan

Pihaknya meminta kepada partai politik untuk melihat hasil progres verifikasi administrasi sipol pada partai politik masing-masing dan menindaklanjuti melalui sipol.

Atas temuan adanya ribuan data anggota partai politik ganda memberikan waktu hingga sampai 29 Augustus untuk menindaklanjuti temuan KPU dengan membuat dan mengirimkan surat pernyataan melalui sipol.

"Hasik verifikasi sipol dari partai politik masing-masing, nantinya kami akan memverifikasi lagi surat pernyataan yang disampaikan " jelasnya.

Sementara itu, kata Agung dari 20 partai politik yang ada di Kota Sukabumi telah melakukan komunikasi secara langsung melaui layanan yang telah disediakan KPU.

Baca juga: Golkar Kota Sukabumi Siap All Out Menangkan Capres Cucu Pahlawan Asal Sukabumi, Airlangga Hartanto

"Alhamdallah semuanya telah melalukan komunikasi perbaikan-perbaikan terkait adanya temuan data ganda anggota partai politik," ujar Agung. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved