Keluarga Sadar Gizi Mencegah Kasus Stunting di Masyarakat

Program Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Bhakti Kencana tahun ajaran 2021/2022 yang bertemakan “UBK Support the Sustainable Development Goals” m

Dok.UBK
Kelompok 09 

TRIBUNJABAR.ID, Program Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Bhakti Kencana tahun ajaran 2021/2022 yang bertemakan “UBK Support the Sustainable Development Goals” merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diikuti oleh kelompok 09.

Kelompok ini terdiri dari 20 orang mahasiswa dari 4 fakultas, yaitu Fakultas Farmasi (3 orang), Fakultas Keperawatan (9 orang), Fakultas Ilmu Kesehatan (7 orang) dan Fakultas Ilmu Sosial (1 orang).

2 Dokumentasi kegiatan penyuluhan kelompok 09 (Dok.UBK)
Dokumentasi kegiatan penyuluhan kelompok 09

Kelompok 09 tersebut diketuai oleh Rifal Bastian Aditiya dan anggotanya yaitu Sakroni, Fitria Harianti, Sri Kartini Widi Astuti, Nina Tardiah, Gilang Gymnastiar, Nelvy Kusmiadewi, Sanra Agustina, Aldiva Ramadhani Sapari, Fenty Nurrohmah, Putri Yulianingsih, Indri Puspitasari, Amalia Maulida, Fitria Nurhasanah, Fia Terry putri, Arini Maula Fauziah, Eulis Sintia, Sany Purnama Sari, Maulinda Dewi, Nur Gesti.

Dosen pembimbing yang selama kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu apt. Winasih Rachmawati, M.Si, apt. Dadih Supriadi, M.Si, Agung Sutriyawan, M.Kes, Yusni Ainurrahmah, S.Kep., Ners.,M.Si, Pujiati Setyaningsih,S.ST.,M.Kes, dan Wahyu Wahyana,M.Kep.

3 3 Penyampaian materi oleh narasumber (Dok.UBK)
Penyampaian materi oleh narasumber

Kelompok 09 mengadakan kegiatan KKN di Desa Biru, Majalaya Kabupaten Bandung dengan tema “Keluarga Sadar Gizi Mencegah Kasus Stunting di Masyarakat” Kegiatan ini diawali dengan melakukan pendekatan kepada masyarakat dengan ikut serta dalam kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di posyandu.

Acara puncak kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu, 10 Agustus 2022 pukul 08.00 sampai 12.30 WIB yang dihadiri oleh sekretaris desa , orang kader perwakilan dari 23 RW. Agenda acara berupa penyuluhan kepada kader Posyandu dan demonstrasi pembuatan makanan bergizi berbahan dasar tahu.

Penyampaian materi oleh narasumber
Penyampaian materi oleh narasumber (Dok.UBK)

Pada kegiatan penyuluhan tersebut disampaikan materi pencegahan stunting sejak dini oleh narasumber Agung Sutriyawan, M.Kes dan makanan bergizi pencegah stunting oleh apt. Winasih Rachmawati, M.Si. Demonstrasi pengolahan makanan tahu pencegah stunting dilakukan oleh para mahasiswa.

Tujuan kegiatan penyuluhan ini diharapkan pengetahuan kader ataupun masyarakat di desa Biru tersebut dapat meningkat setelah diberikan pengetahuan dalam pencegahan stunting serta membantu dalam menentukan pemenuhan gizi bagi keluarga sesuai pendapatan sehingga keluarga mampu memberikan pola pemberian makan yang baik dan mendapatkan asupan makan yang sesuai.

5 Dokumentasi kegiatan Desa (Dok.UBK)
Dokumentasi kegiatan Desa

Untuk mengetahui tingkat pengetahuan kader setelah diberikan penyuluhan dilakukan penilaian (pre dan post test) dan diperoleh hasil 90 persen kader mengalami peningkatan pengetahuan terhadap stunting.

Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana ()
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved