Kegiatan Pencegahan Stunting Untuk Anak Sehat di Desa Majakerta Wilayah Kerja Puskesmas Cikaro

Kelompok 10 KKN Tematik UBK 2022 bertema “KEHIDUPAN SEHAT DAN SEJAHTERA" mulai 1 Agustus - 12 Agustus 2022 di wilayah Desa Majakerta, Jawa Barat

dok. UBK
Kelompok 10 KKN Tematik UBK 2022 bertema “KEHIDUPAN SEHAT DAN SEJAHTERA" mulai 1 Agustus - 12 Agustus 2022 di wilayah Desa Majakerta, Jawa Barat 

TRIBUNJABAR.ID,- Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Bhakti Kencana telah menyelenggarakan kegiatan KKN-PPM Tematik dengan tema besar yaitu "UBK Support The Sustainable Development Goals", setiap mahasiswa digolongkan dalam kelompok-kelompok dengan tema turunan dari tema besar tersebut. Salah satu tema turunan yang dijadikan sebagai tema utama bagi kelompok 10 KKN Tematik UBK 2022 adalah “KEHIDUPAN SEHAT DAN SEJAHTERA". KKN ini akan berlangsung mulai tanggal 1 Agustus - 12 Agustus 2022. Kelompok kami melaksanakan kegiatan KKN yang berlokasi di wilayah Desa Majakerta, Kecamatan Majalaya,  Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kelompok 10 KKN Tematik UBK 2022 bertema “KEHIDUPAN SEHAT DAN SEJAHTERA
Kelompok 10 KKN Tematik UBK 2022 bertema “KEHIDUPAN SEHAT DAN SEJAHTERA" mulai 1 Agustus - 12 Agustus 2022 di wilayah Desa Majakerta, Jawa Barat (dok. UBK)

Kelompok 10 KKN Tematik UBK 2022 beranggotakan 19 mahasiswa dan 5 Dosen pembimbing, diantaranya Imam Riyadi dari Prodi S1 Farmasi menjabat sebagai Ketua Kelompok,  Fina Nadya Putri dari Prodi D3 Kebidanan menjabat sebagai Wakil Ketua Kelompok, Sarah Faulia Azhara dari Prodi S1 Psikologi menjabat sebagai Sekertaris, M Taufiqurrahman Sugiman dari Prodi D4 Anastesi menjabat sebagai Wakil Sekertaris, Intan Vadillah Nurhasanah dari Prodi D3 Kebidanan menjabat sebagai Bendahara, Halimatu Sa’diah dari Prodi S1 Farmasi menjabat sebagai Divisi Acara, Alin Kalinasari dari S1 Keperawatan menjabat Divisi Acara, Tiara Puspita Rosa dari Prodi D4 Anastesi menjabat sebagai Divisi Acara, Inda Wulandari dari Prodi S1 Keperawatan menjabat sebagai Divisi Humas, Siti Alisa dari Prodi S1 Keperawatan menjabat sebagai Divisi Humas, Sarah Maulida D.H dari Prodi D3 Keperawatan menjabat sebagai Divisi Humas, Neng Dera S.N dari Prodi D3 Farmasi menjabat sebagai Divisi Kesekretariatan, Cita Siti Aisah dari Prodi D3 Keperawatan menjabat sebagai Divisi Kesekretariatan, Haifa Azzahra dari Prodi S1 Kesehatan Masyarakat menjabat sebagai Divisi Publikasi dan Dokumentasi, Nita Selviani dari Prodi D3 Kebidanan menjabat sebagai Divisi Publikasi dan Dokumentasi, Imron Mutaqin dari Prodi D3 Keperawatan menjabat sebagai Divisi Perlengkapan, Eggi Adri Salam dari Prodi S1 Keperawatan menjabat sebagai Divisi Perlengkapan, Rapli Haikal dari Prodi D3 Keperawatan menjabat sebagai Divisi Perlengkapan. Adapun dosen pembimbing kelompok 10, diantaranya Ibu Diah Adni Fauziah, M.Epid sebagai ketua dosen pembimbing, Bapak Dr. apt. Dadang Juanda, M.Si sebagai anggota, Ibu Vina Juliana Anggraeni, M.Si sebagai anggota, Ibu Sri Wulan Megawati, S.Kep., Ners., M.Kep sebagai anggota, dan Ibu Ade Handriati, S.ST.M.K.M sebagai anggota.

Kelompok 10 KKN Tematik UBK 2022 bertema “KEHIDUPAN SEHAT DAN SEJAHTERA
Kelompok 10 KKN Tematik UBK 2022 bertema “KEHIDUPAN SEHAT DAN SEJAHTERA" mulai 1 Agustus - 12 Agustus 2022 di wilayah Desa Majakerta, Jawa Barat (dok. UBK)

Dari hasil data dan informasi yang diperoleh berdasarkan data dari Puskesmas Cikaro, Desa Majakerta termasuk ke-3 besar angka stunting yang tertinggi di Wilayah Majakerta. Yang kami ambil hanya beberapa RW dengan angka stunting yang tinggi diantaranya RW 04, 09, dan 11. Karena dilihat dari beberapa faktor seperti lingkungan dan sanitasi yang kurang bersih, kurangnya edukasi terhadap status gizi ibu hamil dan kurangnya asupan makanan bergizi pada balita. 

Mengingat tema yang kami dapatkan yaitu “Kehidupan Sehat dan Sejahtera”.  Maka salah satu program yang kami lakukan yaitu memberikan PMT pada balita dan ibu-ibu serta membantu kader PKK dan Puskesmas Cikaro dalam pelaksanaan BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) serta memberikan penyuluhan tentang Pencegahan Stunting di Desa Majakerta. Program ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu memberikan edukasi kepada para kader PKK dan Ibu-ibu hamil dalam upaya pencegahan stunting dan balita di wilayah Desa Majakerta.

Penyuluhan ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 06 Agustus 2022, yang dihadiri oleh Kepala Puskesmas Cikaro, perwakilan dari Kantor Desa Majakerta, Para Dosen Pembimbing, para kader PKK RW 04, 09 dan 11, serta ibu hamil. Sasaran penyuluhan tersebut adalah kader PKK RW 04, 09 dan 11 serta ibu hamil di setiap RW.

Kelompok 10 KKN Tematik UBK 2022 bertema “KEHIDUPAN SEHAT DAN SEJAHTERA
Kelompok 10 KKN Tematik UBK 2022 bertema “KEHIDUPAN SEHAT DAN SEJAHTERA" mulai 1 Agustus - 12 Agustus 2022 di wilayah Desa Majakerta, Jawa Barat (dok. UBK)

Banyak faktor  yang  menyebabkan  tingginya kejadian stunting  pada  balita.  Pemateri pertama disampaikan oleh Diah Adni Fauziah, SKM., M.Epid mengatakan bahwa penyebab stunting terdiri dari penyebab langsung dan tidak langsung. Penyebab langsung adalah kurangnya asupan makanan dan adanya penyakit infeksi berulang. Faktor tidak langsung adalah pengetahuan ibu yang kurang, pola asuh yang salah, sanitasi dan hygiene yang buruk   dan rendahnya pelayanan kesehatan.  Demikian pula  halnya  gizi  ibu  waktu  hamil,masyarakat belum menyadari   pentingnya   gizi   selama   kehamilan berkontribusi  terhadap  keadaan  gizi  bayi  yang  akan dilahirkannya kelak (Unicef Indonesia, 2013).

Berbicara tentang stunting, tanaman herbal untuk meningkatkan gizi pada ibu hamil salah satu nya adalah daun kelor. Daun kelor bermanfaat untuk meningkatkan jumlah ASI. Sedangkan tanaman herbal untuk meningkatkan imunitas adalah kunyit yang berfungsi sebagai peningkat imunitas tubuh. Pemateri kedua disampaikan oleh Dr. apt. Dadang Juanda, M.Si mengatakan bahwa TOGA yang dapat mencegah stunting yaitu daun kelor, daun katuk, daun pepaya dan lain sebagainya. Cara pengolahan TOGA tersebut dengan cara dibuat jus daun pepaya, sayur daun kelor, produk dari katuk contoh nya asifit, dan lain sebagainya. Sedangkan tanaman untuk meningkatkan imunitas salah satunya adalah daun meniran yang memiliki banyak manfaat seperti anti inflamasi, anti kanker, dan lain sebagainya.

Untuk pelaksanaan program pemberian PMT dan membantu kader PKK RW 04, RW 09 dan RW 11 serta memberikan penyuluhan tentang Pencegahan Stunting ini berlangsung selama 11 hari. Kami melaksanakan program tersebut di RW 04, RW 09, dan RW 11 dengan jumlah total sasaran sebanyak 265 balita. (Imam Riyadi, Alin Kalinasari, Sarah Maulida D.H)

Penerimaan Mahasiswa Baru UBK Gelombang6
Penerimaan Mahasiswa Baru UBK Gelombang6
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved