Implementasi Pembangunan Berkelanjutan Melalui Pengelolaan Sampah dan Edukasi Kesehatan

Program KKN-PPM Tematik telah menjadi bagian aktivitas pendidikan sekaligus pengabdian kepada masyarakat yang mana pada tahun 2022 Universitas Bhakti

Dok. UBK
Kelompok 29 Universitas Bhakti Kencana 

TRIBUNJABAR.ID, Program KKN-PPM Tematik telah menjadi bagian aktivitas pendidikan sekaligus pengabdian kepada masyarakat yang mana pada tahun 2022 Universitas Bhakti Kencana mengusung tema UBK support The Sustainable Development Goals yang dikelola oleh Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LPPM).

Kegiatan KKN-PPM Tematik yang dilaksanakan oleh kelompok 29 ini bekerja sama dengan 6 mitra yang meliputi Desa Girimekar, Masyarakat RW 16 Kampung Cigiringsing, KSM Puspa Berdikari, KWT Mekar Mandiri, Kader Posyandu, dan PAUD Tunas Bangsa.

Permasalahan mitra yang terjadi yaitu masih minimnya pemahaman, pengetahuan maupun implementasi terkait pengolahan sampah yang baik dan sesuai standar SOP oleh masyarakat dari berbagai kalangan, tidak mampu memanfaatkan sampah untuk didaur ulang menjadi produk yang memiliki nilai guna.

Oleh karena itu dari permasalahan yang ada, didapatkan beberapa solusi diantaranya dengan memberikan penyuluhan kepada warga sekitar, memberikan edukasi kepada masyarakat.

Manfaat dari kegiatan penyuluhan pengelolaan sampah ini masyarakat memiliki pengetahuan mengenai bagaimana mengelola sampah dengan benar serta mampu memanfaatkan sampah menjadi produk yang memiliki nilai guna dan ekonomi.

Adapun tujuan dari kegiatan program pengelolaan sampah ini yaitu untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan yang berkaitan erat dengan pola hidup maupun budaya masyarakat itu sendiri serta menjadikan sampah sebagai sumberdaya yang dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan.

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di Desa Girimekar RW 16, terdapat tempat pengelolaan sampah yang belum memenuhi standar sehingga dapat menyebabkan berkembangnya nyamuk dan lalat yang bisa menginfeksi manusia serta membawa berbagai macam penyakit akibat sampah.

Kegiatan ini dipimpin oleh Mela Mustika Sari, S.ST., M.Tr.Keb dengan 4 orang tim Dosen dengan latar belakang sebagai perawat pendidik. Anggotanya terdiri dari 4 orang yaitu 1). Intan Yusita, S.ST., M.Keb 2). Desi Wijayanti Eko Dewi, S.ST., M.Kes 3). Nur Intan Hayati Husnul Khotimah, S.Kep., Ners.,M.Kep 4). apt. Mia Nisrina Anbar Fatin, M.Farm. Diikuti 21 mahasiswa yang diketuai oleh Siti Adlin Nuryesa, dengan anggota Karinah, Rifky Achmad, Rizki Ahmad, Selvina Fransiska, Sensi Friska, Septi Muntaha, Shintya Putri, Dhia Nita, Sinta Putri, Erni Risnaeni, Amelia Agustin, Revita Puspa, Kamaliyah, Viena Annisa, Irma Kharisma, Muhamad Fajrul, Isti Julia, Neisya Ayu, dan Moch. Adli.

Pengelolaan Sampah dan Edukasi Kesehatan
Pengelolaan Sampah dan Edukasi Kesehatan ()

Dalam upaya mewujudkan implementasi pembangunan berkelanjutan tersebut maka diadakanlah beberapa kegiatan sebagai langkah dalam mengatasi permasalahan sampah tersebut, diantaranya: pertama melakukan pengelompokkan sampah yang hal ini bertujuan untuk memisahkan sampah organik dan anorganik dimana hasil pemisahan tersebut dapat memudahkan pemilihan jenis sampah sesuai dengan kegunaannya serta memudahkan dalam pengolahan kembali.

Penataan Taman
Penataan Taman ()

Kegiatan yang kedua yaitu Penataan Taman yang dilakukan pada tanggal Selasa, 2 Agustus 2022 yang bertujuan untuk memanfaatkan limbah sampah plastik menjadi sesuatu hal yang bernilai dan memiliki daya guna sehingga dapat menciptakan lingkungan yang sehat.

Demonstrasi pentingnya mencuci tangan yang baik dan benar kepada anak PAUD Tunas Bangsa Cigiringsing, dilakukan pada Rabu, 3 Agustus 2022
Demonstrasi pentingnya mencuci tangan yang baik dan benar kepada anak PAUD Tunas Bangsa Cigiringsing, dilakukan pada Rabu, 3 Agustus 2022 ()

Kegiatan ketiga yaitu Demonstrasi pentingnya mencuci tangan yang baik dan benar kepada anak PAUD Tunas Bangsa Cigiringsing, dilakukan pada Rabu, 3 Agustus 2022 yang bertujuan untuk memberikan edukasi tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar melalui demonstrasi senam cuci tangan, memberikan edukasi tentang buang sampah pada sampah pada tempatnya, dan perbedaan sampah organik dan anorganik.

Penyuluhan kepada masyarakat yang bertema Bijak dalam Berplastik
Penyuluhan kepada masyarakat yang bertema Bijak dalam Berplastik ()

Dan terakhir sekaligus acara puncak yang kami laksanakan adalah Penyuluhan kepada masyarakat yang bertema Bijak dalam Berplastik, edukasi berupa pemberian materi yang dipaparkan secara langsung oleh ibu Mela Mustika Sari, S.ST., M.Tr.Keb, Nur Intan Hayati Husnul Khotimah, S.Kep., Ners., M.Kep, dan Intan Yusita, S.ST., M.Keb. Kegiatan simulasi berisi tentang pengelolaan sampah organik menjadi pupuk kompos eco-enzym yang merupakan cairan pembersih yang multifungsi. Serta membuat kesepakatan dengan pemangku kebijakan tentang keberlangsungan kegiatan agar terus berlanjut.

Dari rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat KKN Tematik UBK Kelompok 29 didapatkan bahwa terjadi perubahan pada pengelola sampah yang mulai membiasakan diri memakai alat pelindung diri ketika bekerja, masyarakat sadar dalam memperhatikan kesehatan lingkungan, serta masyarakat terampil mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos dan sampah anorganik diolah menjadi kerajinan ataupun dijual, hal ini disampaikan oleh Bapak Darman selaku Ketua KSM Puspa Berdikari dan Ibu Wati selaku Ketua KWT Mekar Mandiri.

Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana ()

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved