Hebat Bersama Kutawaringin (Hidup Sehat Bermartabat Bersama Kutawaringin)

Universitas Bhakti Kencana (UBK) bekerja sama dengan Desa Kutawaringin melaksanakan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) di daerah Kampung Bojong Koneng.

Dok. UBK
kelompok 31 KKN UBK 

TRIBUNJABAR.ID, Universitas Bhakti Kencana (UBK) bekerja sama dengan Desa Kutawaringin melaksanakan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) di daerah Kampung Bojong Koneng.

Pengabdian Pada Masyarakat ini dilaksanakan oleh kelompok 31 KKN UBK yang dibimbing oleh 5 dosen yang diketuai oleh Ns. Heni Aguspita Dewi, S.Kep., M.Kep serta Siti Jundiah, S.Kp., M.Kep, Dhien Novita Sani, S.Sos., MM, apt. Purwaniati, M.Si, dan Tuti Suprapti, S.Kp., M.Kep sebagai anggota.

2 Gambar 1 Pembukaan Pengabdian Masyarakat
Pembukaan Pengabdian Masyarakat

Sebanyak 19 mahasiswa terlibat dalam kegiatan ini yang diketuai oleh Nazar Syihabbudin dan beranggotakan Fauzan Syuhur Ananda, Galih Niro Prassetyo, Salsabila Fitria Nuril Zakia, Amelia Putri Kusuma Dewi, Rio Abdi Wardana, Fitra Amalia Ependi, Muhammad Ramdani, Mey Mey Pridiyanti, Siti Mariam, Rosliana Wati, Kartika Puspita Sari, Nur Husna, Hestiana Pratiwi, Farizkah Rahmah, Ema Amelia, Rakin Muadz Arip, Regita Rahma Fiska, Rendi Nugraha, dan Tia Dzilhija.

3 Gambar 2 Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional
Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional

Kegiatan ini dibuka langsung oleh perwakilan Kepala Desa Kutawaringin yaitu Bapak Jayamin selaku Kasi Pelayanan Desa Kutawaringin, Ns. Heni Aguspita Dewi, S.Kep., M.Kep selaku ketua tim dosen Universitas Bhakti Kencana dan Nazar Syihabbudin selaku ketua kelompok KKN 31 Universitas Bhakti Kencana dengan pemotongan tumpeng secara simbolis, yang dihadiri oleh RT, RW, Ibu-Ibu PKK dan masyarakat Kp. Bojong Koneng selaku mitra kelompok KKN 31 UBK yang diilaksanakan secara hybrid yaitu online dan offline pada hari senin, 01 Agustus 2022 di aula desa.

4 Gambar 3 Acara Penyuluhan, Pemeriksaan Kesehatan, dan Penutupan Pengabdian Masyarakat
Acara Penyuluhan, Pemeriksaan Kesehatan, dan Penutupan Pengabdian Masyarakat

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS BHAKTI KENCANA UBK Support The Suistainable Development Goals yang berfokus pada pilar “Kehidupan Sehat dan Sejahtera”, dengan judul “Hebat Bersama Kutawaringin” dilaksanakan selama satu minggu dengan agenda cek kesehatan gratis, ikut serta dalam BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) serta acara puncak berupa penyuluhan kepada masyarakat dalam rangka peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pencegahan penyakit yang disebabkan oleh hewan pengerat serta pengetahuan mengenai Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Diharapkan dengan diadakan kegiatan PPM ini, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan pemahaman masyarakat mengenai PHBS dan pemahaman masyarakat terkait pemanfaatan tanaman herbal.

Menurut keterangan masyarakat, banyak sekali keluhan mengenai tikus yang masuk ke permukiman warga dan dirasa merugikan, bahkan ada salah seorang warga terkena gigitan dari hewan pengerat ini. Dilihat dari letak geografis, Kampung Bojong Koneng dikelilingi oleh persawahan yang merupakan habitat bagi tikus dan merupakan hama bagi para petani.

Kegiatan penyuluhan dilaksanakan secara hybrid melalui online dan offline yang dihadiri oleh tim dosen dan mahasiswa dari Universitas Bhakti Kencana serta dihadiri oleh pewakilan Desa, RT, RW, Ibu-Ibu PKK serta masyarakat Kampung Bojong Koneng selaku mitra kelompok KKN 31 Universitas Bhakti Kencana.

Dalam kegiatan penyuluhan, diberikan materi terkait dengan PHBS Pencegahan Penyakit yang disebabkan oleh hewan pengerat yang disampaikan oleh ibu Tuti Suprapti, S.Kp., M.Kep. Selanjutnya, Apt. Purwaniati, M.Si memberikan materi tentang Tanaman Obat Keluarga.

Diakhir acara puncak juga dilakukan penutupan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) oleh perwakilan Kepala Desa Kutawaringin yaitu Bapak Jayamin selaku Kasi Pelayanan Desa Kutawaringin dan apt. Purwaniati, M.Si dari tim dosen Universitas Bhakti Kencana.

Meskipun terkendala oleh hujan yang cukup deras tetapi masyarakat sangat antusias dengan kegiatan ini.

Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana ()
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved