Genting Seni (Cegah Stunting Sejak Dini) Di Wilayah Desa Nagrak, Majalaya

Mahasiswa UBK laksanakan kegiatan KKN-PPM Tematik 2022 ini, dengan judul “GENTING SENI (Cegah Stunting Sejak Dini) di Wilayah Desa Nagrak, Majalaya

dok. UBK
Mahasiswa UBK laksanakan kegiatan KKN-PPM Tematik 2022 ini, dengan judul “GENTING SENI (Cegah Stunting Sejak Dini) di Wilayah Desa Nagrak, Majalaya 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bhakti Kencana telah melaksanakan kegiatan KKN-PPM Tematik dengan mengusung tema “UBK Support The Sustainable Development Goals”. Kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa tingkat 2 dan tingkat 3 Universitas Bhakti Kencana. Adapun setiap Mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 19 – 20 Orang. Mahasiswa Universitas Bhakti Kencana Kelompok 11 telah melaksanakan kegiatan KKN-PPM Tematik 2022 ini, dengan kehidupan sehat dan sejahtera yang judul “GENTING SENI (Cegah Stunting Sejak Dini) di Wilayah Desa Nagrak, Majalaya”.

Kelompok 11 terdiri dari 20 Anggota Mahasiswa dan 5 Dosen pembimbing, diantaranya Raihan Syahida sebagai ketua mahasiswa, Siti Santika sebagai sekretaris 1, Sica Dwi Oktavia sebagai sekretaris 2, Lucya Diana Putri sebagai bendahara, Sri Devi Indriyanti sebagai divisi acara, Dian Nurlatifah sebagai divisi acara, Herlina sebagai divisi acara, Jessica Junjunan Firdaus sebagai divisi acara, Tiara Winerungan sebagai divisi acara, Rani Apriliani Sonjaya sebagai divisi humas, Syifa Kamila sebagai divisi humas, Tiara Putri Amalia sebagai divisi humas, Rizki Ilham Ramadhan sebagai divisi dokumentasi, Fu’yu Mei Poo sebagai divisi dokumentasi, Hasby Riesandy sebagai divisi publikasi, Nuke Ajeng Pratiwi sebagai divisi publikasi, Rahma Balqis Adila sebagai divisi publikasi, Nurhayati sebagai divisi logistik, Muhammad Robi Abiyyu sebagai divisi logistik, dan Raudhatul Munawaroh sebagai seksi logistik. Adapun dosen pembimbing kelompok 11, diantaranya Bapak Agus Mi’raj Darajat, S.Kep., Ners., M.Kep sebagai ketua dosen pembimbing, Ibu Aulia Nurfazri Istiqomah, M.Si sebagai anggota, Ibu apt. Nita Selfiana, M.Si sebagai anggota, Ibu Myrna Anissaniwati, S.Psi., M.Psi., Psikolog sebagai anggota, dan Ibu Maria Ulfah Jamil, SST., M.Tr. Keb sebagai anggota.

Lokasi kegiatan KNN-PPM Tematik kelompok 11 ini, yaitu di wilayah Desa Nagrak, Kecamatan Pacet, Majalaya. Adapun mitra untuk kegiatan KKN-PPM Tematik kelompok 11 yaitu Desa Nagrak dan Puskesmas Panca. Kegiatan KKN-PPM Tematik kelompok 11 dibuka dengan diadakannya acara pembukaan yang dilaksanakan di Aula Desa Nagrak secara hybrid. Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Nagrak yaitu Bapak Suparman, Satker Puskesmas Panca yaitu Bapak Cecep Heryanto, para Dosen pembimbing kelompok 11, Ketua RW/ Kader dan Staf Desa Nagrak. Dalam pelaksanaannya, kegiatan KKN-PPM Tematik kelompok 11 ini, dilaksanakan selama 8 hari tepatnya dari tanggal 30 Juli – 06 Agustus 2022. Tujuan dari diadakannya kegiatan KKN-PPM Tematik di wilayah Desa Nagrak ini yaitu untuk membatu memberikan edukasi pada masyarakat terkait permasalahan stunting dan pencegahannya. Target sasaran dari kegiatan KKN-PPM Tematik kelompok 11 ini,  yaitu ibu hamil, ibu menyusui, dan ibu yang memiliki balita.

Sambutan Kepala Desa Nagrak yaitu Bapak Suparman, dalam acara pembukaan KKN-PPM Tematik Kelompok 11
Sambutan Kepala Desa Nagrak yaitu Bapak Suparman, dalam acara pembukaan KKN-PPM Tematik Kelompok 11 (dok. UBK)

 

Beberapa kegiatan atau program kerja yang telah dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan KKN-PPM Tematik kelompok 11, yaitu diantaranya. kegiatan sosialisasi dan kunjungan dilaksanakan secara langsung ke rumah setiap ketua RW dan Kader yang ada di Desa Nagrak. Tidak hanya sekedar melakukan sosialisasi dan kunjungan, pada kegiatan ini kelompok 11 juga melakukan wawancara terbuka terkait fenomena atau permasalahan stunting dan bagaimana pengetahuan masyarakat khususnya ibu mengenai fenomena atau permasalahan stunting yang terjadi.

 

Kegiatan sosialisasi dan kunjungan Ketua RW dan Kader RW di Desa Nagrak
Kegiatan sosialisasi dan kunjungan Ketua RW dan Kader RW di Desa Nagrak (dok. UBK)

Adapun acara seminar yang menjadi fokus utama dalam kegiatan KKN-PPM Tematik kelompok 11, dilaksanakan pada hari ke 5 yaitu tanggal 03 Agustus 2022. Acara dengan mengusung judul “Seminar GENTING SENI (Cegah Stunting Sejak Dini) di Wilayah Desa Nagrak, Majalaya” ini dilaksanakan di aula Desa Nagrak, dengan mengundang masyarakat Desa Nagrak khususnya ibu hamil, ibu menyusui, dan ibu yang memiliki balita yang menjadi target dari kegitan KKN-PPM Tematik kelompok 11. Acara seminar ini diisi dengan pemaparan materi oleh Ahli Gizi Puskesmas Panca yaitu Ibu Nur Utamy Almegiri A.Md.Gz. Materi yang dipaparkan dalam kegiatan seminar ini yaitu mengenai pengetahuan mengenai stunting, dampak stunting, penyebab stunting, pencegahan stunting, dan prevalensi stunting di Indonesia. Pada kegiatan seminar ini, dilakukan juga demonstrasi pembuatan MPASI dari bahan lokal tempe yang diolah menjadi naget.

(Dokumentasi Kegiatan Seminar GENTING SENI)
(Dokumentasi Kegiatan Seminar GENTING SENI) (dok. UBK)

Acara puncak dari rangkaian kegiatan KKN-PPM Tematik kelompok 11 ini, yaitu diadakannya cek kesehatan gratis bagi masyarakat di Desa Nagrak. Dengan berkoordinasi bersama pihak Ketua RW dan Kader setempat, pelaksanaan cek kesehatan ini bisa berjalan dengan baik dan disambut antusias oleh masyarakat. Beberapa jenis cek kesehatan yang kami berikan kepada masyarakat yaitu cek berat badan, cek tekanan darah, cek gula dan cek kolestrol.

Kegiatan Cek Kesehatan Gratis Masyarakat Desa Nagrak
Kegiatan Cek Kesehatan Gratis Masyarakat Desa Nagrak (dok. UBK)

Antusiasme masyarakat di Desa Nagrak akan adanya setiap kegiatan sangat terasa luar biasa. Partisipasi dan keaktifan masyarakat mampu membantu kelompok 11 untuk mencapai target sasaran yang sudah ditentukan sebelumnya. (Siti Santika/ Sica Dwi Oktavia)

Penerimaan Mahasiswa Baru UBK Gelombang6
Penerimaan Mahasiswa Baru UBK Gelombang6
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved