Cegah Stunting Sebelum Genting

Kelompok 5 KKN PPM TEMATIK UBK melakukan Edukasi Bahayanya Stunting di Desa Cimenyan dari tanggal 2 agustus hingga 13 agustus

dok. UBK
Bermitra dengan Desa Cimenyan 

TRIBUNJABAR.ID,- Kelompok 5 KKN PPM TEMATIK UBK melakukan kontrak kerja sama untuk pengabdian masyarakat di Desa Cimenyan yang dilaksanakan dari tanggal 2 agustus hingga 13 agustus. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini kami di bimbing oleh 5 dosen yang berasal dari berbagai fakultas, yang pertama ada Bapak Kosasih, M.Pd dengan asal prodi D3 Farmasi, Ibu Tika Lubis, S,St., M,Keb dengan asal prodi D3 Kebidanan, Ibu Dr. Ratna Dian Kurniawati, S.T. M.Kes denga nasal prodi S1 Kesehatan Masyarakat, Ibu Raihany Sholihatul Mukaromah, S.Kep., Ners., M.Kep dengan asal prodi Keperawatan, Ibu Jumiatul, S.SiT., M.Kes dengan asal prodi D3 Kebidanan dan yang terakhir yaitu Bapak Ade Iwan Mutiudin dengan asal prodi S1 Keperawatan.

Dalam kegiatan ini selain dari melibatkan dosen pembimbing tak kalah pentingnya yaitu mahasiswa, untuk kelompok 5 ini beranggotakan 20 orang dengan berbagai fakultas yang berbeda-beda diketuai oleh Choerunnisa dan anggota yaitu Bilqis Annisa, Fathiya Insania, Dhimas Amin H, Asi Raja P, Wawono Pandu W, M. Hafidz Wicaksono, Lia Tri Apriliani, Ernawati, Deandra Amelia P, Hilda Al Fitriani, Imas Masriyah, Hani Hanifah, Yayang Irsal F, Ayuni Tiara Putri, M. Fattih, Siti N, Maulana Abdul. R.D.Patty, M. Nur Wahyu Farhan dan Devi Listiani.

Untuk kegiatan pembukaan KKN PPM TEMATIK UBK ini diselenggarakan pada tanggal 27 Juni 2022 di balai Desa Cimenyan yang di hadiri oleh Seluruh Kader Posyandu di 23 RW yang ada di Desa Cimenyan, untuk simbolis pembukaan ini langsung dibuka oleh Sekretaris Desa Cimenyan dan dilanjutkan dengan sepatah dua patah kata dari ketua dosen pembimbing, yaitu Bapak Kosasih, M.Pd. Untuk pelaksanaan kegiatan pembukaan KKN PPM TEMATIK UBK kelompok 5 ini dilaksanakan hybrid secara online dan offline.

Kegiatan Opening dan Edukasi Bahayanya Stunting dan Pernikahan Dini Secara Online dan Offline
Kegiatan Opening dan Edukasi Bahayanya Stunting dan Pernikahan Dini Secara Online dan Offline (dok. UBK)

Dalam kegiatan KKN PPM TEMATIK 2022 ini Universitas Bhakti Kencana mengambil tema “UBK Support The Suistainable Development Goals” yang berfocus pada “Kehidupan sehat dan sejahtera” yang mengusung judul “Cegah Stunting Sebelum Genting”. Untuk rangkaian kegiatan ini dilaksanakan dalam rentang waktu 2 minggu yang agendanya adalah :

1.      Edukasi Pencegahan Stunting dan Bahanya Pernikahan Dini di Desa Cimenyan

2.      Edukasi Pentingnya Gizi Bagi Bayi dan Balita

3.      Penanaman Bibit Sayur-sayuran untuk mendukung gizi bayi dan balita

4.      Mensukseskan program nasional BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional)

Untuk program kerja yang pertama focus partisipasi kami yaitu Kader PKK dan Posyandu beserta Remaja Karang Taruna Desa Cimenyan, yang kami harapkan dengan adanya edukasi ini masyarakat sekitar menjadi aware terkait bahayanya stunting dan pernikahan dini karena kedua hal tersebut sangan berkaitan satu sama lain dalam bentuk monitoring kepamahaman dari pemberian materi kami selaku mahasiswa memberikan post test dan pre test bagi participant dan dilihat hasil akhirnya apakah sudah paham atau kurang, selain dari itu kami adakan sesi sharing dengan tanya jawab interaktif supaya lebih memahami dari apa yang masih kurang dimengerti.

Kegiatan Edukasi Bahayanya Stunting dan Pernikahan Dini di Kampung KB, Cikadut dan di Balai Desa Cimenyan
Kegiatan Edukasi Bahayanya Stunting dan Pernikahan Dini di Kampung KB, Cikadut dan di Balai Desa Cimenyan (dok. UBK)

Untuk program kerja yang kedua focus partipasinya masih sama dengan proker yang pertama yang dimana nantinya beliau sebagai kader PKK yang akan ikut mensharingkan ilmu yang didapat kepada masyarakat umum terkhususnya ibu yang memiliki bayi dan balita setelah kami mahasiswa sudah menyelesaikan serangkaian kegiatan KKN ini. Untuk pengedukasian materi disampaikan oleh dosen pembimbing yang ahli di bidang gizi bagi bayi dan balita yaitu Ibu Tika. Beliau menjelaskan bagaimana porsi makanan yang sesuai untuk bayi dan balita sesuai dengan umur si kecil, asupan asupan yang penting bagi bayi dan balita, bagaimana caranya memasak makanan si kecil yang aman, dan masih banyak lainnya. Selain dari edukasi dalam rangkaian program kerja yang kedua pun ada penanaman bibit sayur sayuran yang bertempatkan di Kebun RW 02 Desa Cimenyan, dikelola langsung oleh Ibu Kader PKK yang nantinya jika panen untuk hasilnya akan dibagikan ke tiap posyandu untuk dijadikan makanan PMT (Pemberian Makan Tambahan.

Program kerja Edukasi Gizi Bagi Bayi dan Balita di Kebun RW 02, Desa Cimenyan
Program kerja Edukasi Gizi Bagi Bayi dan Balita di Kebun RW 02, Desa Cimenyan (dok. UBK)

Selain dari mengerjakan ke 3 program kerja tersebut kami sebagai mahasiswa dalam bidang Kesehatan ikut mensukseskan program pemerintah nasional yaitu BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) dibawah bimbingan Puskesmas Cimenyan dilaksanakan dari tanggal 2 Agustus 2022 hingga 13 Agustus 2022 ke 23 RW yang ada di Desa Cimenyan. Dan alhamdullilah untuk semua kegiatan tersebut kami mengikuti dengan sangat baik.

Mensukseskan Program Nasional BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) di 23 RW yang ada Di Desa Cimenyan
Mensukseskan Program Nasional BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) di 23 RW yang ada Di Desa Cimenyan (dok. UBK)
Penerimaan Mahasiswa Baru UBK Gelombang6
Penerimaan Mahasiswa Baru UBK Gelombang6
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved