Cegah Gangguan Akibat Layang-Layang, PLN UP3 Cimahi Gandeng Komunitas

Untuk itu Bagian Keselamatan, Kesehatan Kerja, Lingkungan Dan Keamanan (K3L & Kam) PT PLN (Persero) UP3 Cimahi melaksanakan sosialisasi dengan menggan

PLN
PT PLN (Persero) UP3 Cimahi melaksanakan sosialisasi dengan menggandeng Perkumpulan Pelayang Seluruh Indonesia (PELANGI) Kota Cimahi, guna mencegah penggunaan layang-layang yang bisa mengganggu jaringan listrik. 

TRIBUNJABAR.ID, Layang-layang menjadi salah satu penyebab utama dari gangguan pasokan listrik terutama dari arku/benang yang menggunakan bahan kawat.

Dibanyak tempat sudah terbukti bahwa permainan layang-layang yang banyak digemari oleh anak-anak menjadi salah satu penyebab tertinggi dari adanya gangguan pasokan listrik.

Untuk itu Bagian Keselamatan, Kesehatan Kerja, Lingkungan Dan Keamanan (K3L & Kam) PT PLN (Persero) UP3 Cimahi melaksanakan sosialisasi dengan menggandeng Perkumpulan Pelayang Seluruh Indonesia (PELANGI) Kota Cimahi, guna mencegah penggunaan layang-layang yang bisa mengganggu jaringan listrik.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu (21/8/2022) di Kampung Cilimus Desa Batujajar bersamaan dengan pelaksaan Perlombaan Gibrig Ulur (Giblur) komunitas tersebut dalam menyambut HUT RI Ke-77 pada bulan Agustus ini.

Pejabat Pelaksana Keselamatan, Kesehatan Kerja, Lingkungan Dan Keamanan (PJ K3L & Kam) PLN UP3 Cimahi, Putri Nurzaidar mengatakan, disaat musim kemarau atau saat cuaca mulai jarang terjadi hujan, makan frekuensi warga yang bermain layang-layang di wilayah yang terdapat jaringan listriknya secara jumlah mulai meningkat.

"Hal ini berbanding lurus juga dengan data yang menunjukkan peningkatan gangguan pasokan listrik akibat adanya layang-layang. Selain merugikan hal tersebut juga membahayakan bagi masyarakat," ujar Putri, Selasa (23/8/2022).

Di sisi lain, Perkumpulan Pelayang Seluruh Indonesia (PELANGI) Kota Cimahi selama ini telah menjalin kerjasama yang cukup solid bersama PLN UP3 Cimahi guna menghalau warga yang bermain layang-layang di lokasi-lokasi rawan dan juga berbahaya.

"Selama ini kita saling bekerjasama untuk melakukan patroli di wilayah-wilayah tertentu untuk mengingatkan masyarakat termasuk juga anak-anak agar memperhatikan jaringan listrik saat bermain layang-layang," ujar Allan Morgan selaku Ketua Pelangi Cimahi.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved