Bahu Membahu Membangun Desa Sehat dan Sejahtera Serta Terbebas Dari Hipertensi

KKN-PPM mahasiswa UBK dari kelompok 35 di desa Ponggang, kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang, Jawa Barat berfokus dengan Tema terkait hipertensi

dok. UBK
Foto bersama dengan perangkat desa dan puskesmas (01/08/2022) 

TRIBUNJABAR.ID,- Desa Ponggang, Serangpanjang, Kabupaten Subang (01/08/2022), menurut WHO, Hipertensi adalah suatu kondisi dimana pembuluh darah memiliki tekanan darah tinggi tekanan darah sistolik 140 mmHg atau tekanan darah diastolik 90 mmHg. Hipertensi sering dijuluki sebagai silent killer atau pembunuh diam-diam karena dapat menyerang siapa saja secara tiba-tiba serta merupakan salah satu penyakit yang dapat mengakibatkan kematian.

Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) adalah suatu kegiatan intrakurikuler wajib yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam rangka menjalankannya, kami dari kelompok 35 melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di desa Ponggang, kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Panitia KKN kelompok 35 terdiri dari 20 orang mahasiswa yang diketuai oleh Aldy Rifaldy Pratama dengan anggota Ai Mayesa Nurjanah, Delvia Nurdiani A, Sinta Anggraeni, Eka Rahmat Nugraha, Rian Fauzian Nugraha, Anisa Hardiyani, Mutia Kansha, Cardiansyah, Chika Yulia, Andini Oktavia Pratiwi, Windy Sri Mawarni, Ellysa Amanda I, Putri Surya Utami, Dwi Ari Muliawati, Sindi Nurdiantika, Ranti Santika, Diva Tazkia Yozavira, Silvi Ayuni Sahana dan Tasha Viona Gabriella. Dan 5 orang dosen pembingbing yang diketuai oleh Soni Muhsinin, M.Si. dengan anggota Ira Hasianna Rambe, S.I.Kom., M.I.Kom, Hani Oktafiani, S.ST., M.Keb, Dra. Trijani Moedjiherwati, M.Kes., dan Tuti Masitoh.

Kegiatan KKN-PPM kelompok 35 ini dilaksanakan selama satu pekan yang dimulai dari tanggal 01 Agustus 2022 sampai tanggal 06 Agustus 2022. Sebelum kami melakukan kegiatan di desa Ponggang kami melakukan survey dan observasi terlebih dahulu sehingga didapatkan hasil bahwa desa Ponggang memiliki berbagai masalah salah satunya ialah kesadaran masyarakat dan tingkat kesehatan yang kurang baik. Sehingga kami mengangkat tema “Bahu-Membahu Membangun Desa Sehat dan Sejahtera Serta Terbebas dari Hipertensi”.

Tema terkait hipertensi ini diangkat dari permasalahan yang ada di desa Ponggang yaitu mayoritas penduduknya adalah lansia yang menderita penyakit Hipertensi. Hal ini berdasarkan survei yang kami lakukan pada tanggal 22 juli 2022 yang didapatkan dari data puskesmas Serangpanjang.

Kami melakukan persiapan pada tanggal 31 Juli 2022 tepatnya di Kampus Universitas Bhakti Kencana sebelum memulai pemberangkatan, dari mulai mengabsen setiap anggota serta barang-barang dan keperluan lain yang kami perlukan selama kegiatan berlangsung.

Pada hari pertama kami melakukan Pembukaan KKN, dimulai dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Universitas Bhakti Kencana. Selanjutnya sambutan-sambutan dan acara terakhir yaitu pemotongan tumpeng dan penutupan.

Sambutan dari perangkat desa (01/08/22)
Sambutan dari perangkat desa (01/08/22) (dok. UBK)

Hari kedua kami melakukan pengenalan lingkungan bersama kepala desa dan mendata audience dimulai dari beberapa staff yang ada disana. Dan kami mutuskan untuk memberi penyuluhan di dusun Cinangka dan dusun Cilutung dikarenakan lokasinya yang berdekatan dengan dua dusun yang lain sehingga nantinya penyuluhan yang akan dilaksanakan merata. Disamping itu untuk hari kedua ini juga kami mengadakan tensi gratis untuk umum secara door to door kepada masyarakat yang ada di lingkungan desa.

Pemeriksaan tekanan darah pada masyarakat (02/08/22)
Pemeriksaan tekanan darah pada masyarakat (02/08/22) (dok. UBK)
Foto kegiatan penyuluhan di dusun Cinangka dan Cilutung (03/08/22) / (04/08/22)
Foto kegiatan penyuluhan di dusun Cinangka dan Cilutung (03/08/22) / (04/08/22) (dok. UBK)

 

Foto kegiatan penyuluhan di dusun Cinangka dan Cilutung (03/08/22) / (04/08/22)
Foto kegiatan penyuluhan di dusun Cinangka dan Cilutung (03/08/22) / (04/08/22) (dok. UBK)

Dilanjutkan pada hari ke tiga dan ke empat , kami melakukan penyuluhan dan pemeriksaan tekanan darah yang dilakukan di dua dusun yaitu dusun Cinangka dan dusun Cilutung, penyuluhan dilakukan dengan mewawancarai peserta sebelum dan sesudah penyuluhan serta membagikan kuisioner yang diisi oleh peserta, sehingga kami dapat mengetahui sejauh mana masyarakat memahami apa yang sudah pemateri sampaikan. Untuk menjaga keberlangsungan program tersebut kami juga membuat leaflet untuk dibagikan kepada peserta supaya nantinya dapat dibaca ulang.

Menurut data yang kami dapatkan dari hasil kuisioner dapat disimpulkan bahwa penyuluhan yang kami lakukan itu berhasil dengan presentase 87 persen memahami dan 13 persen tidak memahami.

Hari ke lima kami mengadakan senam bersama dengan masyarakat Desa Ponggang. Dan setelah melakukan senam kita pergi menuju kantor desa Ponggang untuk kerja bakti membantu para warga menghias kantor desa seperti bersih bersih aula dan cat bambu untuk keperluan 17 Agustus.

Senam bersama masyarakat desa Ponggang  (05/08/22)
Senam bersama masyarakat desa Ponggang  (05/08/22) (dok. UBK)

Untuk hari ke enam kami melakukan penutupan kegiatan KKN. Ini adalah agenda terakhir kami didesa Ponggang. Dimulai dengan sambutan-sambutan serta melakukan serah terima yaitu berupa plakat untuk desa ponggang sebagai kenang kenangan dan tanda terima kasih kami.

Penerimaan Mahasiswa Baru UBK Gelombang6
Penerimaan Mahasiswa Baru UBK Gelombang6 ()
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved