Mencegah dan Mengendalikan Penyakit Pada Lansia di Kampung KB Desa Cibiru Wetan

Dalam menghadapi permasalahan penyakit tidak menular (PTM) pada lanisa menjadi salah satu permasalahan pada kampung tersebut. Dimana permasalahan peny

UBK
Pembukaan Pengabdian Masyarakat 

TRIBUNJABAR.ID, Dalam menghadapi permasalahan penyakit tidak menular (PTM) pada lanisa menjadi salah satu permasalahan pada kampung tersebut. Dimana permasalahan penyakit yang di hadapi ialah  hipertensi, diabetes mellitus (DM), asam urat dan kolestrol. Untuk menangani hal tersebut . kami KKN Kelompok 13 mengusung tema UBK Support The Sustainable Development Goals yang di ketuai oleh dosen pembimbing ibu Tri Nur Jayanti S.Kep.,Ners.,M.Kep , juga dosen lainya yaitu Dr.Apt.Agus Sulaeman, M.Si , Siti Rokmah,SST.,M.Keb , Cucu Rokayah, S.Kep.,Jiwa Ners.,M.Kep , dan Hilman Mulyana. Dan juga mahasiswa yang di ketuai oleh Jessy Nurinda L dengan 18 anggotanya yaitu Fauzi Nurahman, Tiara Nur Z, Ade Fitriah, Reni Suryani, Ester Ronsumbre, Haryani Dewi, Nisa Ul Ulul, Agnes Angelin, Bela Nurfauziah, Kamelia Sari, M Ismet, Wilda Fauziah, Afra Sarah, Cici Amelia, Nurul Indah, Neneng Fia, dan Yesi Br bukit.

2 Pemeriksaan Tekanan darah
Pemeriksaan Tekanan darah

Melakukan kegiatan yang di mana upaya mencegah dan mengendalikan penyakit pada lansia terebut ialah dengan melakukan sampling  pemeriksaan, dimana pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan Tekanan darah yang dimana menjadi permasalahan utama adalah hipertensi, dari data yang di dapatkan 72,2 persen lansia pada kampung tersebut mengalami hipertensi.

3 Pemeriksaan Gula Darah dan Asam Urat
Pemeriksaan Gula Darah dan Asam Urat

Selain itu pemeriksaan lainya adalah cek gula darah  dengan hasil 30% yang mengalami tinggi kadar gula dalam darah nya, dan asam urat dengan hasil 27,1% .

Selain pemeriksaan kesehatan adapun kegiatan lain yang kami lakukan ialah penyuluhan dan edukasi, dimana pada penyuluhan dan edukasi itu membahas tentang penggunaan obat herbal sebagai penurun hipertensi dan cara melakukan pola hidup yang baik.

4 Kegiatan Senam Hipertensi
Kegiatan Senam Hipertensi

Di samping itu kita juga melakukan gerak aktivitas yaitu senam hipertensi. Kegiatan tersebut  menjadi upaya dimana kurangnya informasi mengenai cara mencegah dan mengendalikan penyakit tersebut menjadi tau dan menambah pengetahuan . 

Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana ()
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved