Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Mahasiswa UBK, Anak Sehat Imunisasi Lengkap (ASIAP)

Imunisasi bisa disebut sebagai salah satu investasi kesehatan masa depan karena pencegahan penyakit melalui imunisasi merupakan cara perlindungan terh

UBK
Mahasiswa KKN Universitas Bhakti Kencana dengan mengusung tema UBK Support The Suistainable Development Goals 

TRIBUNJABAR.ID, Imunisasi bisa disebut sebagai salah satu investasi kesehatan masa depan karena pencegahan penyakit melalui imunisasi merupakan cara perlindungan terhadap infeksi yang paling efektif dan jauh lebih murah dibandingkan mengobati seseorang apabila sudah terjangkit suatu penyakit dan harus dibawa ke rumah sakit.

Indonesia memiliki konsep imunisasi rutin lengkap yang dibagi menjadi imunisasi dasar dan imunisasi lanjutan yang harus diberikan pada anak. Tetapi meskipun diwajibkan oleh pemerintah masih tetap saja ada orang tua yang belum memenuhi hak sang anak untuk diberikan imunisasi yang lengkap dengan beberapa alasan.

2 Mahasiswa KKN Universitas Bhakti Kencana dengan mengusung tema
Mahasiswa KKN Universitas Bhakti Kencana dengan mengusung tema UBK Support The Suistainable Development Goals

Untuk menangani hal tersebut mahasiswa KKN Universitas Bhakti Kencana dengan mengusung tema UBK Support The Suistainable Development Goals yang di ketuai oleh Muhammad Prasetyo M dengan anggota Nining, Sindi Rahmawati, Rina Nurhayati, Nova Mawar S, Karlina Shelen, Risna Fitri R, Rina Silvana, Julfa Aliyah, Ahsanul Hulqi, Rivansah Maulana H, Febriyanti Ardya W, Cika Maidayanti, Silvia Gisty A, Fauziyyah Surya P, Julia Fauzia, Jajang Muhammad, Nundu Muhammad N, Siti Nur A dan Lintang Lestari dengan dibantu dosen pembimbing yang diketuai oleh Dr. apt. Fauzan Zein Muttaqin, M.Si dan anggotanya yaitu Ning Hayati, S.PD., M.Kes., Inggrid Dirgahayu, S.Kp., M.KM., Rany Yuliani juga Ni Luh Budi Astuti, S.ST., M.M melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penyuluhan mengenai imunisasi pada masyarakat RW. 10 Desa Langensari Kecamatan Solokan Jeruk dilaksanakan pada hari Kamis 11 Agustus 2022.

3 Mahasiswa KKN Universitas Bhakti Kencana dengan mengusung
Mahasiswa KKN Universitas Bhakti Kencana dengan mengusung tema UBK Support The Suistainable Development Goals

Kegiatan dilakukan secara langsung dengan mengumpulkan responden khususnya masyarakat RW 10 yang mempunyai anak balita, bentuk kegiatan dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu : Kegiatan pre-test, dilakukan pengisian soal untuk mengetahui gambaran pengetahuan sikap ibu yang memiliki anak balita tentang imunisasi; Penyampaian materi oleh Dosen Pembimbing yang ahli di bidangnya terkait informasi imunisasi seperti pengertian imunisasi, dampak buruk jika tidak di imunisasi, penanganan dan intervensi mengenai imunisasi; Kegiatan post-test, untuk menguji seberapa besar peningkatan pengetahuan dan sikap responden terhadap materi yang telah disampaikan.

4 Mahasiswa KKN Universitas Bhakti Kencana dengan mengusung
Universitas Bhakti Kencana

Selain disampaikan langsung oleh pemateri disediakan juga media leaflet untuk disebarluaskan pada masyarakat sehingga dapat menambah relasi materi yang disampaikan menjadi lebih efektif.

Kegiatan ini disambut cukup antusias oleh masyarakat khususnya para kader dan juga Bidan Desa dengan harapan masyarakat bisa lebih teredukasi dan memiliki kesadaran mengenai pentingnya imunisasi karena masalah imunisasi yang terkait orang tua masih tidak mengizinkan anaknya untuk di imunisasi adalah suatu hal yang cukup sulit untuk dihilangkan.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved