Isu Pertalite dan Solar Naik Jadi Salah Satu Faktor Kenaikan Harga Telur Ayam di Cianjur

Harga terlur ayam tersebut, mengalami kenaikan secara berangsur secara bertahap, dan hampir setiap harinya terus mengalami kenaikan sebesar Rp seribu

Tribun Jabar/ Ferri Amiril Mukminin
Diskoperdagin Kabupaten Cianjur melakukan survei ke beberapa peternak telur ayam di Kabupaten Cianjur 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Kenaikan harga telur di Cianjur disebabkan beberapa faktor, satu di antaranya karena isu kenaikan pertalite dan solar pekan depan.

Kabid Perdagangan Diskoperdagin Kabupaten Cianjur, Agus Mulyana, mengatakan kenaikkan harga telur sudah berlangsung selama seminggu.

Pihaknya langsung menyurvei dan mengecek peternak di Cikalongkulon, Cibeber, dan Warungkondang.

Baca juga: Harga Telur Makin Melonjak Tinggi, Pedagang Telur Ayam di Karawang Ancam Mogok Jualan

Pihaknya mendapat keterangan dari peternak harga masih Rp 28 ribu perkilogram, namun saat ini yang beredar di pasar Rp 32 ribu perkilogram.

Kabid mengatakan selain isu kenaikan harga BBM pekan depan, kenaikan harga telur juga dipicu oleh harga konsentrat pakan yang naik dan masih impor, cuaca, ditambah dengan pembelian stok telur yang program BPNT.

"Hasil survei kami hari ini, kenaikan harga telur dipicu oleh beberapa faktor, prediksi harga akan naik selama dua pekan ke depan tapi kami berharap segera stabil sebelum dua pekan," ujar Agus di kantor Diskoperdagin Cianjur Jalan Arwinda, Selasa (23/8/2022).

Pantauan harga telur ayam di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Cianjur, naik dari seharga Rp 27 ribu per kilogram menjadi Rp 29 ribu hingga Rp 32 ribu per kilogram.

Saeful (29) pedagang telur di Pasar Cipanas, Cianjur mengatakan, saat ini harga telur ayam mencapai seharga Rp 29 ribu per kilogram, dari Rp 27 ribu per kilogramnya.

"Harga telur ayam mulai berangsur mengalami kenaikan semenjak dua minggu terkahir," katanya.

Baca juga: Harga Telur Ayam Hari Ini Naik, Harga Tertinggi Rp 35 Ribu, Catat Kenaikan Tertinggi Dalam Sejarah

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved