Breaking News:

Dukung Gerakan Cinta Marbot, Pemkot Cirebon Bantu Perlindungan Marbot Masjid Melalui BP Jamsostek

Pemkot Cirebon juga bakal membantu untuk memberikan perlindungan kepada para marbot masjid dan musala se-Kota Cirebon.

Tribun Cirebon/ Ahmad Imam Baehaqi
Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi, saat menyampaikan sambutan dalam launching GCM di Gedung Islamic Center Kota Cirebon, Jalan Kartini, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Selasa (23/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Pemkot Cirebon mendukung penuh Gerakan Cinta Marbot yang diinisiasi At-Taqwa Center Kota Cirebon, BP Jamsostek, DMI Kota Cirebon, dan lainnya.

Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi, mengatakan, Pemkot Cirebon juga bakal membantu untuk memberikan perlindungan kepada para marbot masjid dan musala se-Kota Cirebon.

Menurut dia, GCM juga harus diapresiasi setinggi-tingginya, karena memerhatikan para marbot yang bertugas selama 24 jam untuk kenyamanan para jemaah.

Baca juga: Pemkot Bandung, Perumda Tirtawening dan Pusat Zakat Umat Salurkan Bantuan Minyak Goreng Untuk Marbot

"Sifat kepesertaannya masih mandiri, sehingga kami akan merumuskan untuk pembayaran preminya," ujar Agus Mulyadi saat ditemui usai launching GCM di Gedung Islamic Center Kota Cirebon, Jalan Kartini, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Selasa (23/8/2022).

Ia mengatakan, Pemkot Cirebon juga akan berkoordinasi dengan At-Taqwa Center dan BP Jamsostek Cabang Cirebon mengenai formulasi pembiayaannya.

Namun, pihaknya mengakui gambaran sementara dalam pembiayaan itu berupa hibah dari Pemkot Cirebon kepada At-Taqwa Center Kota Cirebon untuk membayar premi para marbot.

Karenanya, Pemkot Cirebon mendorong DMI Kota Cirebon untuk mendata seluruh marbot di setiap masjid dan musala se-Kota Cirebon sehingga terkaver perlindungan dari BP Jamsostek.

"Saat ini, database marbot sudah ada, tapi kami berharap diperbaharui lagi agar mereka terkaver perlindungan dari program yang sangat luar biasa ini," kata Agus Mulyadi.

Agus menyampaikan, sejauh ini Pemkot Cirebon dan At-Taqwa Center Kota Cirebon baru memiliki program pemberian insentif bagi para guru ngaji di Kota Udang.

Baca juga: VIDEO-Berbuat Asusila di Masjid, Seorang Marbot di Cirebon Ditangkap Polisi, Rekam Aksi Asusilanya

Ia menilai, GCM menjadi inovasi baru dalam melindungi para marbot yang telah bekerja secara ikhlas dari mulai menjaga kebersihan tempat ibadah hingga menjadi imam salat.

"Insetif untuk guru ngaji juga diambil dari APBD, sehingga perlindungan untuk marbot juga tidak menutup kemungkinan menggunakan APBD lagi," ujar Agus Mulyadi.

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved