Bersama Desa Wargaluyu Pahami Pencegahan Penyakit Hipertensi

Di awali dengan pembukaan Senin (01/08/2022) Kelompok 24 KKN PPM tematik Universitas Bhakti Kencana melaksanakan KKN di Desa Wargaluyu, Banjaran

dok. UBK
Kelompok 24 KKN PPM tematik Universitas Bhakti Kencana melaksanakan KKN di Desa Wargaluyu, Banjaran 

TRIBUNJABAR.ID,- Bandung, Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bhakti Kencana Kelompok 24 beranggotakan 20 Mahasiswa/i yang di ketuai oleh Nenden Selma Az Zahra dan anggotanya yaitu Wulandari, Khilfa Syawalia Kusumah, Fredi Aprilianto, Rinata Anggienia C, Resi, Renti Apriawati Patimah, Siti Nurjanah, Togi Riki Rikardo Sijabat, Kendi Yansa, Chrisna Abdi Pratama, Syafira Nur Maghfirah, Vina Yulianti, Rizky Nurheni Suharjo, Nurfitha Komala, Anastasia Noviani Handoko, Oktifani Siti Nurhayani, Erna Kurniasih, Reza Agustian Mulyadi, Theresianna Maibang. Dan Dosen pembimbing yang sudah membimbing kami selama persiapan kegiatan yang diketuai oleh Bapak Yosef Pandai Lolan, S.M., M.Kes dan anggotanya Bapak Dr. apt. Garnadi Jafar, M.Si. dan Ibu Apt. Lia Marliani, M.Si., Siti Nur’aeni, S.Sos.I., M.I.Kom, Astri Mayasari, S.Si. M.Psi.

Pembukaan acara KKN PPM tematik Universitas Bhakti Kencana melaksanakan KKN di Desa Wargaluyu, Banjaran
Pembukaan acara KKN PPM tematik Universitas Bhakti Kencana melaksanakan KKN di Desa Wargaluyu, Banjaran (dok. UBK)

Rangkaian acara KKN di awali dengan pembukaan pada Senin (01/08/2022) kelompok 24 KKN PPM tematik Universitas Bhakti Kencana melaksanakan KKN di Desa Wargaluyu, Banjaran. Acara ini dimulai dengan pembukaan dan penerimaan mahasiswa oleh Kepala Desa Wargaluyu beserta staff yang bertempatkan di GOR Desa Wargaluyu. Pada kesempatan itu Bapak Sulaeman selaku Kepala Desa Wargaluyu juga berkesempatan hadir dan memberikan sambutannya.

“Selamat datang bagi mahasiswa/i Universitas Bhakti Kencana Kelompok 24 dan selamat menjalankan program kerja yang telah disusun sebelumnya dan semoga setiap acara yang telah direncanakan berjalan dengan lancar.” Ucap Bapak Sulaeman (Kepala Desa Wargaluyu) dalam acara pembukaan tersebut. Setelah selesai menyampaikan sambutannya, dilanjut pula dengan acara pemotongan tumpeng sebagai simbolis yang menyatakan bahwa kegiatan KKN kelompok 24 sudah dimulai.

Rangkaian kegiatan berikutnya adalah penyuluhan secara offline pada hari Kamis (04/08/2022) pukul 09.00 wib - selesai, dengan mitra Warga Desa Wargaluyu. Dengan judul “Penyuluhan dan Pencegahan Hipertensi di Desa Wargaluyu” diharapkan dengan adanya kegiatan penyuluhan ini masyarakat umum, khususnya lansia dapat memahami mengenai penyakit Hipertensi.

Pemateri Dr. apt. Garnadi Jafar, M.Si. menjelaskan bahwa Penyakit Hipertensi menurut organisasi kesehatan dunia (WHO), tekanan darah normal bagi orang dewasa adalah 120/80 mmHg. Angka 120 hhmHg menunjukkan tekanan sistolik, yaitu tekanan saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Upaya pencegahannya yaitu dengan melakukan olahraga yang tepat secara rutin, merubah pola makan dengan makanan sehat dan seimbang serta melakukan pengobatan dan konsultasi ke Dokter. Serta yang lebih penting melakukan pemeriksaan secara rutin.

Dr. apt. Garnadi Jafar, M.Si di Kegiatan Penyuluhan di Desa Wargaluyu, Banjaran
Dr. apt. Garnadi Jafar, M.Si di Kegiatan Penyuluhan di Desa Wargaluyu, Banjaran (dok. UBK)

Selain penyuluhan, diadakan juga pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan pada hari jum’at (5/08/2022) yang meliputi penimbangan berat badan, cek saturasi oksigen, pemeriksaan tekanan darah, dan konseling yang berlokasi di GOR Desa Wargaluyu.

Adapun kegiatan tambahan lainnya yang dilaksanakan pada hari berikutnya yakni senam hipertensi dan jalan santai. Jalan santai yang dilaksanakan pada tanggal (07/08/2022) tepatnya pukul 07.00 wib, dibantu Oleh Karang Taruna “Tjiroeoem Kataji” yaitu Karang Taruna dari RW 006 desa Wargaluyu, diikuti sekitar 150-an peserta, mulai dari anak-anak, dewasa hingga lansia pun ikut serta dalam memeriahkan kegiatan tersebut.

Pemeriksaan Kesehatan pada KKN PPM tematik Universitas Bhakti Kencana melaksanakan KKN di Desa Wargaluyu, Banjaran
Pemeriksaan Kesehatan pada KKN PPM tematik Universitas Bhakti Kencana melaksanakan KKN di Desa Wargaluyu, Banjaran (dok. UBK)

Pada hari Selasa tanggal (09/08/2022) kelompok KKN 24 melaksanakan acara Penutupan KKN. Acara tersebut berlangsung Hybird dan Bapak Yosef Pandai Lolan S.M.M.Kes sebagai ketua dosen Pembimbing juga turut hadir dalam room g.meet yang dilaksanakan sore itu. Adapun sambutan yang diberikan Bapak Asep sebagai perwakilan dari Kepala Desa pada kesempatan “ Terimakasih kepada Mahasiswa-Mahasiswi yang telah melakukan KKN PPM tematik yang telah menjalankan program kerjanya di desa Wargaluyu, semoga acara ini bisa berdampak positif bagi warga maupun mahasiswa itu sendiri, dan mudah-mudahan untuk kedepannya sendiri setelah selesai KKN tidak putus untuk silaturahminya” ucap Bapak Asep.

Setelah itu dilanjut penyerahan plakat sebagai kenangan-kenangan dari Mahasiswa/i KKN untuk Desa Wargaluyu yang di serahkan langsung oleh ketua kelompok yaitu Nenden Selma dan diterima oleh ibu Gina Silvia sebagai perwakilan dari Kepala Desa. Pada malam harinya diacara penutupan, tepatnya pada pukul 19.30 wib diadakan kegiatan hiburan yang dilaksanakan di salah satu lapangan yang tak jauh dari Kantor Kepala Desa. Kegiatan tersebut di isi dengan beberapa penampilan dari Mahasiswa dan juga penampilan bakat dari anak anak desa Wargaluyu. Dengan di pandu oleh kang Akmal dan kang Sandi acara tersebut berlangsung meriah dan lancar.

Penerimaan Mahasiswa Baru UBK Gelombang6
Penerimaan Mahasiswa Baru UBK Gelombang6
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved