Begini Cara Baca Meter Mandiri Untuk Pelanggan Listrik Pasca Bayar di PLN Mobile

Bagi pelanggan listrik pasca bayar, pencatatan meter adalah kegiatan yang sangat penting karena jumlah kWh pemakaian pelanggan diperoleh dari hasil se

Dok. PLN
PLN LOGO 

TRIBUNJABAR.ID, Bagi pelanggan listrik pasca bayar, pencatatan meter adalah kegiatan yang sangat penting karena jumlah kWh pemakaian pelanggan diperoleh dari hasil selisih pencatatan meter tiap bulannya. Dari hasil tersebut, selanjutnya PLN akan memprosesnya untuk dijadikan tagihan listrik pelanggan tiap awal bulan.

Pelanggan dapat melakukan catat meter melalui PLN Mobile. Layanan tersebut bisa di akses di fitur Swacam setiap tanggal 24-27 setiap bulannya. Dengan baca meter dan lapor sendiri, pelanggan akan dapat memonitor dan mengendalikan langsung pemakaian listriknya.

Cara mencatat dan melaporkan stand meter PLN Mobile sangatlah mudah, berikut langkah-langkahnya:
1. Buka aplikasi PLN Mobile
2. Pilih menu Catat Meter
3. Pilih Id Pelanggan
4. Foto angka stand meter yang ada di kWh meter
5. Masukkan angka stand meter, dan kirim.

Setelah melakukan hal di atas, maka estimasi biaya tagihan rekening listrik juga akan muncul. Kemudian, tagihan listrik akan keluar setiap awal bulan berikutnya. Pembayaran listriknya pun bisa dilakukan melalui Aplikasi PLN Mobile.

Jumlah tagihan listrik sesuai pemakaian

Besarnya tagihan pelanggan diperhitungkan dari jumlah pemakaian listrik kita dimana sangat dipengaruhi oleh jumlah barang elektronik yang dimiliki, daya setiap barang elektronik, dan frekuensi pemakaian.

Semakin banyak jumlah barang elektronik, maka semakin bertambah jumlah pemakaian listrik.

Selanjutnya, walaupun jumlah barang elektronik yang kita miliki sama, namun apabila barang barang elektronik tersebut digunakan lebih sering dan lebih lama daripada sebelumnya, maka jumlah pemakaian listrik akan semakin besar yang berakibat tagihan/pembelian stroom listrik naik.

Cara menghitung tagihan
a. Termasuk golongan tarif apakah Anda?
Besarnya tarif tenaga listrik pelanggan sesuai dengan golongannya. Untuk golongan tarif listrik PLN sendiri ada berbagai jenis seperti RT 450 VA dan RT 900 VA (subsidi); RTM 900 VA, RT 1300 VA, Bisnis 1300 VA, Sosial 450 VA, Pemerintah 2200 VA, dan lain lain.
b. Jumlah pemakaian listrik
Pada pelanggan pasca bayar, tagihan listrik yang keluar tiap awal bulan adalah tagihan untuk pemakaian listrik bulan sebelumnya. Jumlah pemakaian listrik pelanggan dapat diketahui melalui catat meter mandiri di atas.
c. Perhitungan tagihan listrik PLN setiap bulan yaitu (contoh Pelanggan RT 1300):
Biaya yang dibayarkan ke PLN:((angka stand meter akhir bulan sekarang – angka stand meter bulan lalu) x tarif per kWh) + biaya PJU + biaya admin bank

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved