Batu Bara Berceceran Cemari Pantai Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, Berasal dari Kapal Tongkang Ini

Batu bara berceceran mencemari kawasan pantai Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, Sukabumi, dari tumpahan kapal tongkang yang terdampar di tengah laut

Penulis: M RIZAL JALALUDIN | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/M RIZAL JALALUDIN
Batu bara berceceran mencemari kawasan pantai Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Sukabumi, Rabu (23/8/2022), berasal dari tumpahan kapal tongkang yang terdampar di tengah laut. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Batu bara berceceran mencemari kawasan pantai Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, tepatnya di pantai Cipatuguran Batu Bintang, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Ketua Paguyuban Masyarakat Cipatuguran, Iskandar mengatakan, peristiwa terjadi sejak Sabtu (20/8/2022). Menurutnya, batu bara ini berasal dari tumpahan kapal tongkang yang terdampar di tengah laut.

"Ceceran batu bara ini sejak ada 2 hari yang lalu, tepatnya pada Sabtu 20 Agustus 2022. Ini batu bara akibat tumpahan dari tongkang yang terdampar bulan-bulan yang lalu, karena ini kan terbawa oleh gelombang, gelombang yang tinggi di pantai Cipatuguran, akhirnya batu bara ini muncul," ujarnya ditemui di lokasi, Selasa (23/8/2022).

Iskandar menjelaskan, dari pihak Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) PT Indonesia Power UJP Jabar 2 Palabuhanratu telah membersihkan ceceran batu bara sejak Senin kemarin.

"Dari kemarin emang begini kondisinya, ada sebagian sudah dibersihkan sejak hari Senin itu oleh pihak dari PLTU," kata Iskandar.

Pantauan di lapangan, terlihat para pekerja dari PLTU tengah membersihkan ceceran batu bara tersebut.

Iskandar mengatakan, secara dampak kepada masyarakat tidak terlalu siginifikan.

Namun, ceceran batu bara membuat pantai tercemar dan kumuh.

"Kalau warga melihat dampak kurang mengetahui tentang masalah dampaknya, tapi yang jelas kelihatannya kalau untuk pantai memang benar-benar terlihat tidak enak dilihatnya, tercemari," ucap Iskandar.

Menurutnya, warga selalu diberi sumbangsih oleh pihak agen tongkang batu bara yang mengangkut batu bara itu ketika membantu membersihkan ceceran batu bara.

"Kalau masalah batu bara ini kita sudah sama-sama dengan agen jika bagaimana dikala kalau ada batu bara berceceran di pantai bekerjasama dengan pihak agen, jadi pihak agen selalu memberikan sumbangsih dengan warga untuk membersihkan batu bara yang tercecer ini," kata Iskandar. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved