Satu SMK di Cianjur Terpaksa Ditutup, karena Berbagai Permasalahan, Termasuk Tahan Ijazah Siswa

Satu SMK swasta di Cianjur ditutup karena berbagai permasalahan yang terjadi.

Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah VI Jabar, Endang Susilastuti. 

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Satu sekolah SMK di Cianjur terpaksa ditutup karena berbagai permasalahan.

Satu di antaranya permasalahan penahanan ijazah siswa.

Kepala KCD Disdik Jabar Wilayah VI, Endang Susilastuti, mengatakan sekolah yang ditutup tersebut adalah SMK swasta dan yang memutuskan untuk menutup dari pihak Kementerian langsung atas usulan KCD.

"Jadi karena terlalu banyak masalah terpaksa SMK tersebut ditutup, satu permasalahannya terkait ijazah, proses penutupan sendiri cukup panjang dan yang menutup kementerian, kami hanya mengusulkan saja," ujar Endang di kantor KCD Disdik Jabar Wilayah VI, Jalan Haurwangi Cianjur, Senin (22/8/2022).

Endang mengatakan, penutupan setelah melalui serangkaian tahapan dan tak bisa langsung tapi harus ekstra hati-hati.

Endang mengatakan, selain di swasta pihaknya juga sedang menata permasalahan di sekolah negeri.

Satu di antaranya dengan melibatkan komite terkait aturan baru dari gubernur yang membolehkan adanya sumbangan tapi sesuai kemampuan siswa.

"Memang sekolah negeri tak diperbolehkan lagi adanya pungutan, namun pergub baru melalui komite sekolah diperbolehkan adanya sumbangan, yang mengelola adalah komite," ujarnya.

Ia mengatakan, komite harus berdiskusi dengan orangtua murid mengenai pengelolaan dan aturan dilakukan komite, hanya saja sumbangan tersebut hanya untuk operasional bukan untuk honor.

"Tak boleh dipatok namanya sumbangan, besarannya sesuai kemampuan orangtua siswa, harus ada tindakan kalau ada pematokan sumbangan," katanya.

Untuk permasalahan penahanan ijazah di sekolah negeri, pihaknya mengimbau kepada sekolah untuk mengadakan pekan pengembalian ijazah.

"KCD wilayah VI membawahi 74 sekolah di wilayah Cianjur dan KBB, ada permasalahan penahanan ijazah di 10 sekolah dan sudah terselesaikan," katanya.

Baca juga: Ini Jawaban Kepala KCD Soal Dugaan Adanya Pungutan dan Penahanan Ijasah di Sekolah

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved