Porang Asal Kabupaten Bandung Tembus Ekspor, Kadin Jabar Akan Bantu Negosiasi ke Negara Potensial

Ekspor porang asal Kabupaten Bandung ini dinilai menjadi bukti adanya potensi pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Istimewa/ Pemkab Bandung
Petani Porang asal Kabupaten Bandung, berhasil menembus pasar ekspor, porang yang dihasilkannya telah dikirim ke China. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Petani Porang asal Kabupaten Bandung, berhasil menembus pasar ekspor, porang yang dihasilkannya telah dikirim ke Tiongkok.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Provinsi Jabar, Tubagus Raditya mengatakan, ekspor porang asal Kabupaten Bandung ini membuktikan adanya potensi pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

"Yang paling penting membuka pemahaman, soal potensi budidaya porang bagi para petani," ujar Raditya dalam keterangan resminya kepada wartawan, Senin (22/8/2022).

Baca juga: Potensi Ekspor Masih Tinggi, SCI Minta Pemerintah Sederhanakan Izin Usaha Tambak udang

Raditya yang akrab disapa Didit ini mengungkapkan, pihaknya akan membantu petani dalam memanfaatkan fasilitasi dari pemerintah.

"Misalnya penyediaan lahan, pendampingan, serta fasilitas program pinjaman modal tanpa bunga. Termasuk petani dapat bersinergi bersama kemitraan industri," katanya.

Didit mengatakan, ini agar saling dukung dalam pusaran bisnis yang saling menguntungkan. Ia berharap, ekspor porang bisa terus berkelanjutan.

"Kami juga akan membantu mempercepat proses negosiasi, perjanjian dengan negara-negara yang berpotensi menjadi pasar produk ekspor petani," ujarnya.

Wakil Ketua Umum Perdagangan Kadin Indonesia Provinsi Jabar, Indriyani mengatakan, komoditas ekspor porang senilai Rp1,8 miliar, itu sempat terhambat pada Juni 2020.

"Namun berkat komunikasi intensif dengan pengusaha China, ekspor berhasil diwujudkan setelah melalui pemeriksaan kualitas, mulai kesehatan dan keamanan," katanya.

Baca juga: PT Kewalram Indonesia Ekspor Benang Ke Lima Negara, Bupati Sumedang: Menambah Devisa Negara

Semoga, kata Indriyani, semakin banyak petani dan pelaku usaha porang yang dapat melakukan ekspor ke sejumlah negara.

"Mengingat pasarnya masih terbuka lebar," ucapnya.

PT Sanindo Porang Berkah menjadi salah satu eksportir serpih porang kering, yang mendapat registrasi dari China karena sudah memenuhi semua persyaratan administratif dan teknis yang dipersyaratkan.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved