Kasus Pertama Cacar Monyet Terkonfirmasi di Indonesia, Yana Mulyana Imbau Masyarakat Terapkan PHBS

Yana mengonfirmasi hingga saat ini tidak ditemukan penyakit Cacar Monyet di Kota Bandung. Ia berharap Kota Bandung tidak akan terkena penyakit ini

Penulis: Tiah SM | Editor: Seli Andina Miranti
freepik
Ilustrasi vaksin untuk penyakit cacar monyet - Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengimbau masyarakat untuk tetap melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menerapkan protokol kesehatan guna menghindari penyebaran virus Cacar Monyet. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengimbau masyarakat untuk tetap melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menerapkan protokol kesehatan guna menghindari penyebaran virus Cacar Monyet.

"Masyarakat tetap harus melaksanakan perilaku hidup bersih. Dengan kita melaksanakan protokol kesehatan sama seperti kita mencegah Covid 19, harusnya secara teori kita bisa terhindar dari paparan cacar monyet," ujar Yana di Balai Kota Bandung, Senin (22/8/2022).

Penyakit cacar monyet ditemukan di Indonesia. Wabah yang awal mula teridentifikasi di benua Afrika itu dikabarkan telah menyerang seorang pria asal Jakarta berusia 27 tahun yang memiliki riwayat perjalanan luar negeri.

Baca juga: Lahir Sebelum 1980, Warga Indonesia Terlindungi dari Cacar Monyet, Kata Menkes Budi Gunadi

Yana mengonfirmasi hingga saat ini tidak ditemukan penyakit Cacar Monyet di Kota Bandung. Ia berharap Kota Bandung tidak akan terkena penyakit Cacar Monyet.

"Jangan sampai ada di Bandung, cacar monyet mengerikan. Masyarakat harus taat protokol kesehatan, kalau kita memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan harusnya kita bisa terhindar," katanya.

Penularan cacar monyet bisa terjadi dari manusia ke manusia, maupun dari hewan ke manusia. Sebab, penyakit ini merupakan zoonosis yaitu penyakit yang menular dari hewan ke manusia.

Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Monkeypox Kementerian Kesehatan RI, cacar monyet menular melalui kontak langsung dengan hewan atau manusia terinfeksi.

Penyakit ini juga menular melalui benda yang terkontaminasi virus monkeypox.

Umumnya, virus masuk ke dalam tubuh melalui kulit yang terluka atau terbuka meski tak terlihat.

Virus juga bisa masuk melalui saluran pernapasan maupun selaput lendir dari mata, hidung, atau mulut.

Baca juga: Cacar Monyet Muncul di Jakarta, Begini Kondidi di Bandung dan Cara Antisipasinya, Kata Grace Mediana

Pasien cacar monyet akan menularkan virus saat mengalami gejala, biasanya 2-4 minggu setelah terinfeksi.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved