Lestarikan Elang Jawa, Alumni SMPN 2 Kota Bandung Gelar Acara GreenFest 2022

Ikatan Alumni SMPN 2 Kota Bandung gelar GreenFest 2022 di SMPN 2 Kota Bandung, Jalan Sumatera nomor 42, Sabtu (20/8/2022), sekaligus peringati HUT RI

Tribun Jabar / Muhammad Nandri
Ikatan Alumni SMPN 2 Kota Bandung gelar GreenFest 2022 di SMPN 2 Kota Bandung, Jalan Sumatera nomor 42, Sabtu (20/8/2022), sekaligus peringati HUT RI ke-77. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ikatan Alumni SMPN 2 Kota Bandung gelar GreenFest 2022 di SMPN 2 Kota Bandung, Jalan Sumatera nomor 42, Sabtu (20/8/2022), sekaligus peringati HUT RI ke 77.

Pada gelaran itu, para alumni SMPN 2 Bandung ingin lestarikan keberadaan elang Jawa yang hampir punah. Burung elang Jawa merupakan salahsatu spesies elang yang punya ukuran sedang dari keluarga Accipitridae dan genus Nisaetus yang endemik di Pulau Jawa.

Tak hanya itu, satwa ini dianggap identik dengan lambang negara RI, yakni Garuda. Sejak 1992, burung ini ditetapkan sebagai maskot satwa langka di Indonesia.

Baca juga: 700 Siswa Berbagi Senyuman Selama 4 Hari di SMPN 2 Bandung

Salah seorang alumnus SMPN 2 Bandung, Ario Respati mengatakan aksi nyata pelestarian elang Jawa dalam kegiatan ini dengan melelang lukisan karya tiga perupa alumni.

Ketiganya merupakan, Ario Respati (angkatan 1987), R Cahyadi (angkatan 1981), dan Edya Asmara (angkatan 1987).

"Kami berpartisipasi dalam pelelangan ini dengan tema elang Jawa. Sebab, burung ini identik sekali dengan simbol negara RI dan keberadaannya hampir punah saat ini," katanya.

Ario mengaku spontanitas langsung membuat lukisan elang Jawa ketika mengetahui event itu berkaitan dengan pelestarian elang Jawa.

"Lukisan ini dilukis dari hati. Jadi, dapat banget moodnya. Karya ini dibuat dalam waktu tiga hari dan termasuk karya yang singkat," katanya.

Alumni lainnya, Edya Asmara mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, keikutsertaannya melelang lukisan untuk pelestarian elang Jawa ini semata bentuk kepedulian pada alam yang perlu keseimbangan.

"Kita lihat banyak binatang atau alam yang harus dilestarikan dan dijaga," ujarnya.

Senada dengan keduanya, R Cahyadi mengaku keterlibatannya dalam pelelangan lukisan ini didasari rasa peduli pada keberadaan hewan langka ini. Dia juga menyebut sering terlibat dalam lelang lukisan sebagai bentuk aksi sosial. Sebab, dirinya ingin hasil karyanya bisa dinikmati semua kalangan.

"Saya juga setiap membuat sebuah karya selaly ingin ada unsur sosial. Jadi, kami harus berbagi melalui karya agar bisa dinikmati semua kalangan," katanya.

Lelang lukisan dari tiga perupa ini dibanderol seharga Rp 10 juta sampai Rp 25 juta. Sebanyak 40 persen hasil lelang ini, akan didonasikan untuk pelestarian elang Jawa.

Panitia GreenFest 2022, Hilman Faturachman mengaku ide dari acara ini berawal saat adanya keinginan mengumpulkan semua alumni SMPN 2 Kota Bandung dari berbagai angkatan. Selanjutnya, dalam perjalanan tercetuslah ide bermuatan lingkungan hidup sekaligus masuk rangkaian peringatan HUT RI.

"Kegiatan lingkungan hidup para alumni sebenarnya sudah ada sejak lama. Tapi, saat itu belum masuk dalam program IKA. Kami dalam event ini ingin deklarasikan juga peran serta IKA SMPN 2 Kota Bandung untuk lestarikan lingkungan hidup utamanya elang Jawa sebagai maskot SMPN 2 Kota Bandung," katanya seraya menegaskan agenda ini bakal rutin diadakan setiap tahunnya oleh IKA SMPN 2 Kota Bandung.(*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved