Pemilu 2024

Pemilih Pemula di Jabar Ada 10 Persen dari 33 Juta Penduduk, KPU Jabar Sosialisasikan via Medsos

Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat memiliki langkah untuk mensosialisasikan terkait pemilihan kepada kaum pemula, di antaranya melalui media sosial

Tribun Jabar/Ery Chandra
Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat, Rifki Almubarak mengatakan, KPU Jabar memiliki langkah untuk mensosialisasikan terkait pemilihan kepada kaum pemula di Jabar yang mencapai 10 persen, di antaranya melalui media sosial. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat memiliki langkah untuk mensosialisasikan terkait pemilihan kepada kaum pemula.

Ketua KPU Jabar, Rifqi Ali Mubarok menyebut langkah itu adalah sosialisasi melalui media sosial yang memang banyak digandrungi kaum pemula.

Menurut Rifqi, Jawa Barat merupakan jumlah pemilih terbanyak di dunia, sehingga potensi pemilih pemulanya luar biasa hampir 10 persen.

Dia mengakui bahwa memang pemilih pemula haruslah mendapat informasi yang baik supaya mereka tertarik.

"Biasanya pemilih pemula itu mereka enggan bicarakan politik. Jadi, kami melihat sampai sekarang itu masih sedikit yang bicarakan politik atau pemilu. Kami coba kenalkan lewat media sosial mengenai tahapan pemilu. Pemilih pemula ini bisa sekali pengaruhi generasi sebelumnya," ujarnya.

Rifqi Ali pun menyebut pemilih pemula miliki peran strategis karena mereka melek informasi dengan arus informasi yang lebih cepat sehingga mereka bisa disampaikan ke keluarga atau rekannya.

Baca juga: Wawancara Eksklusif, Ketua KPU Jabar, Rifqi Ali Mubarok, Masih Banyak Data Ganda di Pemilu 2024

"Kami berharap mereka bisa jadi pemilih cerdas dan berkualitas agar tak terpengaruhi berita hoaks atau pemberian sesuatu. Kami akan terjun ke sekolah-sekolah karena di sana banyak pemilih pemula," ujarnya.

Rifqi juga berharap masyarakat Jabar mulai saat ini sudah memulai membicangkan dan mencari-cari informasi mengenai tahapan yang dilakukan KPU termasuk tahapan pendaftaran partai politik. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved