Sembilan Bayi Lahir di RSIA Cahaya Bunda Cirebon pada Hari Kemerdekaan RI, Hanya 2 yang Lahir Normal

Sembilan bayi lahir di RSIA Cahaya Bunda Cirebon pada momen Hari Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022). Dari 9 tersebut hanya dua bayi lahir normal

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNCIREBON.COM/AHMAD IMAM BAEHAQI
Sembilan bayi lahir di RSIA Cahaya Bunda Cirebon pada momen Hari Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022). Dari 9 bayi tersebut hanya dua bayi yang lahir melalui persalinan normal. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Sebanyak sembilan bayi lahir di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Cahaya Bunda Cirebon pada momen Hari Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022) kemarin.

Seluruh bayi tersebut dilahirkan melalui proses persalinan normal maupun operasi sesar di rumah sakit yang berada di Jalan Perjuangan, Kota Cirebon, itu.

Pemilik RSIA Cahaya Bunda, dr Yasmin Dermawan, mengatakan, sembilan bayi itu terdiri dari empat bayi berjenis kelamin laki-laki dan lima bayi perempuan.

Menurut dia, dari sembilan bayi tersebut juga tujuh di antaranya lahir melalui operasi sesar dan dua bayi melalui proses persalinan normal.

"Untuk bayi yang lahir operasi sesar dipastikan melalui prosedur medis dan memiliki riwayat sesar juga," kata Yasmin Dermawan saat ditemui di RSIA Cahaya Bunda Cirebon, Kamis (18/8/2022).

Ia mengatakan, terdapat beberapa alasan lain mengenai bayi yang lahir melalui operasi sesar, misalnya, posisinya melintang, sungsang, dan lainnya.

Namun, rata-rata pasien telah memiliki riwayat operasi sesar sehingga dalam proses kelahiran kali ini menempuh prosedur serupa.

Baca juga: Momen HUT ke-77 RI, Delapan Bayi Lahir di RSUD Sumedang, 4 Lahir Normal, 4 dengan Operasi Caesar

Selain itu, berdasarkan kalender medis juga usia kandungannya yang mencapai 37 - 40 minggu dan dinyatakan cukup matang untuk melahirkan.

"Sebelum melahirkan juga kondisi ibu dan janinnya telah diperiksa, setelah dinyatakan siap baru ditangani secara intensif," ujar Yasmin Dermawan.

Yasmin menyampaikan, bayi-bayi itu lahir di momen HUT ke-77 RI sejak pagi hingga malam. Pihaknya juga memberikan hadiah spesial kepada para orang tuanya.

Saat ini, beberapa bayi masih ditempatkan di Ruang Baby Show RSIA Cahaya Bunda Cirebon dan tengah dirawat oleh para suster.

Mereka tampak sigap merawat bayi yang menangis dan menenangkannya. Sejumlah orang juga terlihat bayi-bayi tersebut dari luar ruangan. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved