Ribuan Orang Tumplek di Lembang Carnival Days, Kembali Digelar Setelah 2 Tahun Vakum karena Pandemi

Ribuan orang mengikuti dan menyaksikan Lembang Carnival Days, Selasa (16/8/2022).

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Peserta Lembang Carnival Days untuk merayakan HUT ke-77 RI, Selasa (16/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Ribuan orang tumplek di Jalan Raya Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengikuti gelaran Lembang Carnival Days untuk merayakan HUT ke-77 RI, Selasa (16/8/2022).

Pantauan Tribun Jabar, kegiatan Lembang Carnival Days tersebut menampilkan arak-arakan, marching band, angklung, keanekaragaman pakaian adat, dan atraksi dari masing-masing peserta di setiap desa di Lembang.

Ernawati (25) seorang peserta karnaval mengatakan, sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut karena ingin turut memeriahkan kemerdekaan, apalagi selama pandemi Covid-19 tidak ada kegiatan seperti ini.

"Acaranya seru banget, saya ikutan untuk memeriahkan kemerdekaan RI, intinya ingin berpartisipasi saja karena tahun sebelumnya tidak digelar," ujarnya saat ditemui di Lembang, Selasa (16/8/2022).

Dia juga mengaku tidak terlalu khawatir dengan adanya penyebaran Covid-19 karena tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, terutama menggunakan masker.

"Pencegahannya pakai masker saja sih dan lebih safety saja dengan membawa hand sanitizer," kata Ernawati.

Kapolsek Lembang AKP Hadi Mulyana mengatakan, gelaran Lembang Carnival Days tahun 2022 ini menjadi gelaran pertama setelah vakum selama dua tahun sejak 2020 dan 2021 karena pandemi Covid-19.

"Pesertanya diperkirakan lebih dari 1.000 orang akan ikut memeriahkan karnaval itu dari 16 desa. Tapi kita imbau memang untuk tidak terlalu banyak," kata Hadi.

Hanya saja gelaran Lembang Carnival Days tersebut menyebabkan kemacetan karena peserta mengular di Jalan Raya Lembang, tepatnya dari depan Polsek Lembang sebagai titik awal pemberangkatan hingga ke Alun-alun Lembang sebagai titik akhir karnaval.

"Untuk arus lalulintas kami lakukan kanalisasi di sepanjang rute karnaval. Tidak ada rekayasa arus lalu lintas, mohon pengertiannya," ucapnya.

Gelaran karnaval sempat terganggu dengan turunnya hujan intensitas sedang.

Namun hujan tak menyurutkan kemeriahan dan antusiasme peserta serta penonton karnaval yang berbaris di sepanjang rute.

"Kami melakukan pengamanan dengan menerjunkan personel di sepanjang rute diback up oleh personel dari Polres Cimahi," ujar Hadi.

Baca juga: Motif Penusukan Sopir Pikap di Lembang Ternyata Gara-gara Parkir, Pelaku Kesal Ulah Korban

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved