Pemohon SIM dan SKCK di Green Service Satpas Polresta Cirebon Bakal Dapatkan Pelayanan Prioritas

Dalam layanan itu, masyarakat dapat menggunakan sampah plastik untuk pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) untuk SIM dan SKCK.

Tribun Cirebon/ Ahmad Imam Baehaqi
Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman (kiri), beserta jajaran Forkompimda Kabupaten Cirebon saat berbincang dengan pemohon SKCK dan SIM di depan loket Green Service Satpas Polresta Cirebon, Jalan R Dewi Sartika, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa (16/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Ada pemandangan berbeda saat memasuki Satpas Polresta Cirebon, Jalan R Dewi Sartika, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa (16/8/2022).

Interior gedung yang biasanya didominasi warna biru, kini tampak tercampur warna hijau khususnya di areal tangga menuju lantai dua gedung tersebut.

Bahkan, loket pelayanan yang berada di dekat tangga itu pun hampir di bagian mukanya dihiasi warna hijau bertuliskan Green Service Satpas Polresta Cirebon.

Baca juga: Green Service Polresta Cirebon, Warga Kini Bisa Bayar Pembuatan SIM dan SKCK Pakai Sampah Plastik

Tulisan serupa juga terdapat di areal sisi tangga, bahkan ukurannya cukup besar sehingga mudah telihat oleh siapa pun yang masuk ke gedung itu.

Rupanya, dekorasi baru itu dalam rangka peluncuran Green Service Satpas Polresta Cirebon. Layanan tersebut juga menjadi kado ulang tahun HUT ke-77 RI.

Dalam layanan itu, masyarakat dapat menggunakan sampah plastik untuk pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) untuk SIM dan SKCK.

Namun, sampah plastik tersebut harus ditabung melalui bank sampah dan saldonya dapat digunakan untuk biaya penerbitan SIM serta SKCK di Polresta Cirebon.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, memastikan, pemohon SIM maupu SKCK melalui Green Service akan mendapatkan pelayanan prioritas di Satpas Polresta Cirebon.

"Mereka tidak perlu antre, karena loket pelayanan Green Service ini khusus, dan dipisah dengan kategori umum," ujar Arif Budiman saat ditemui di Mapolresta Cirebon, Selasa (16/8/2022).

Baca juga: Warga Berbondong-bondong ke Mapolresta Bandung Sejak Pagi, Bukan Bikin SIM atau SKCK, Ada Apa?

Menurut dia, layanan prioritas bagi pengguna Green Service ialah tempat duduk khusus, tanpa antre, dan lainnya sehingga dipastikan rampung lebih cepat.

Ia mengatakan, layanan prioritas tersebut juga sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat yang peduli terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Pasalnya, mereka telah mengumpulkan sampah plastik dan menabungnya di bank sampah, kemudian saldonya digunakan untuk pembuatan SIM serta SKCK.

"Mereka juga bisa memilih waktu kedatangannya untuk membuat SIM atau SKCK, tetapi yang terpenting masih dalam jam operasional Satpas Polresta Cirebon," kata Arif Budiman.

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved