Habib Bahar Divonis 6 Bulan Penjara, Kuasa Hukum Sebut Kliennya Segera Bebas  

Menurut Ichwan Tuankotta, Habib Bahar sudah menjalani masa hukuman selama enam bulan. Ia tinggal menyelesaikan sisa masa kurungannya.

Tribun Jabar/Nazmi Abdurrahman
Habib Bahar bin Smith (beserban) saat berbincang dengan pengacaranya ketika menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Kamis (4/8/2022) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Ichwan Tuankotta, kuasa hukum Habib Bahar bin Smith, menyatakan kliennya  segera menghirup udara bebas setelah divonis enam bulan 15 hari penjara oleh majelis hakim.

"Kami yakin bahwa hakim akan memutuskan ringan, kami menghormati putusan hakim dan mengapresiasi," ujar Ichwan Tuankotta di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Selasa (16/8/2022). 

Menurut Ichwan Tuankotta, Habib Bahar sudah menjalani masa hukuman selama enam bulan. Ia tinggal menyelesaikan sisa masa kurungannya.

Bila tidak ada perubahan, kata dia, maka pimpinan Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin Bogor itu dapat menghirup udara bebas pada pekan depan. 

"Habib (Bahar) sudah menjalani masa hukuman 6 bulan, besok. Sisa menunggu waktu saja, 1 minggu ke depan. Tetapi ini masih dihitung-hitung dulu," ucapnya. 

Baca juga: Komentar Habib Bahar Setelah Divonis 6 Bulan oleh Hakim, Ucapkan Terima Kasih kepada Polisi

Ichwan Tuankotta mengaku sudah menerima putusan hakim dan menunggu langkah hukum berikut jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat.

"Kami tidak akan banding, kami menerima putusan. Tentunya kami menunggu reaksi dari jaksa, karena jaksa memutuskan pikir-pikir (untuk banding)," katanya.

Sebelumnya, Habib Bahar bin Smith divonis hukuman enam bulan kurungan penjara.

Vonis yang diberikan majelis hakim tersebut lebih rendah daripada tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) yang menuntut Bahar dengan hukuman 5 tahun penjara. 

Baca juga: BREAKING NEWS, Habib Bahar Divonis 6 Bulan Penjara, Pendukung Sambut Takbir, Allahuakbar

Dalam putusannya, majelis hakim menilai Habib Bahar bersalah sebagaimana dakwaan pertama lebih subsidair. Dalam hal ini Bahar dinilai menyiarkan kabar tidak pasti sehingga dapat menerbitkan keonaran di kalangan rakyat. 

"Mengadili, menjatuhkan pidana penjara kepada terdakwa HB Assyaid Bahar bin Ali bin Smith dengan pidana penjara selama 6 bulan 15 hari," ujar hakim. 

Putusan tersebut langsung disambut dengan pekikan takbir dari para pendukung Bahar yang hadir di persidangan. 

"Alhamdulillah, Allahuakbar," teriak pendukung Habib Bahar

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved