TB Hasanuddin Terus Fasilitasi Kaum Milenial di Sumedang Belajar Kopi Supaya Aktif dan Mandiri

Mayjen TNI (purn) Tubagus Hasanuddin terus menfasilitasi kaum milenial di Sumedang untuk belajar segala hal tentang kopi. 

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/KIKI ANDRIANA
Mayjen TNI (purn) Tubagus Hasanuddin berdiskusi soal kopi dengan para petani muda dari Cimanggung, di Cipacing, Jatinangor, Sumedang, Minggu (14/8/2022). Hasanuddin terus memfasilitasi kaum muda di Sumedang belajar tentang kopi supaya ada aktivitas dan mandiri. 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Mayjen TNI (purn) Tubagus Hasanuddin terus menfasilitasi kaum milenial di Sumedang untuk belajar segala hal tentang kopi

Awal Agustus lalu, Anggota Komisi I DPR RI dapil Sumedang, Majalengka, Subang (SMS) itu mengirimkan tujuh pemuda dari Kecamatan Cimanggung untuk belajar penanaman, pengolahan, hingga penyajian kopi di Pangalengan, Kabupaten Bandung

"Bertahap, kita rencanakan 7 orang pemuda lagi yang berangkat ke Pangalengan, belajar khusus kopi selama sepekan," kata TB Hasanuddin saat diwawancarai TribunJabar.id saat berkunjung ke Cipacing, Jatinangor, Minggu (14/8/2022). 

Ia menambahkan, pelatihan sangat diperlukan para pemuda agar mereka berdaya dan mandiri. 

"Yang baru kembali dari pelatihan, ada yang fokus di hulu dan di hilir," katanya. 

"Di hulu ada penanaman kopi, dan di hilir kita nanti cari tempat buat bikin kafe kecil-kecilan, supaya anak-anak muda ini ada aktivitas bermanfaat," ujar Hasanuddin. 

Baca juga: Sambil Nikmati Kopi, TB Hasanuddin Bahas Masalah Kopi dengan Petani Muda di Cimanggung Sumedang

Di Cipacing, Hasanuddin bertemu para pemuda yang baru kembali dari pelatihan dari Malabar Coffee Mountain, Pangalengan

Kepada Hasanuddin, para pemuda mengungkapkan kesan selama mengikuti pelatihan yang banyak merubah pola pikir mereka juga menambah kemampuan mengolah dan menyajikan kopi

"Kami kini tahu lebih banyak tentang kopi dan sangat siap membangun usaha di bidang pengolahan dan penyajian kopi," kata Yusup Ramdani (23), pemuda dari Cimanggung. (*)

 

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved