KPU Jabar Bidik Siswa SMA, Diberi Pemahaman Agar Menjadi Pemilih yang Cerdas

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat tengah gencar melakukan sosialisasi dan pendidikan kepemiluan kepada para pemilih pemula.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: Giri
Tribun Jabar/Muhamad Syarif Abdussalam
Ketua KPU Provinsi Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok. KPU Jabar tengah gencar melakukan sosialisasi dan pendidikan kepemiluan kepada para pemilih pemula, khususnya pelajar tingkat SMA dan sederajat. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat tengah gencar melakukan sosialisasi dan pendidikan kepemiluan kepada para pemilih pemula.

Sasarannya khususnya pelajar tingkat SMA dan sederajat.

Tujuannya, supaya mereka mulai dapat memberikan hak suaranya secara berkualitas pada Pemilu, Pilpres, dan Pilkada pada 2024.

Seperti diketahui pada 2024, semua kota dan kabupaten di Jawa Barat yang berjumlah 27 daerah akan melaksanakan pemilihan wali kota dan wakil wali kota (pilwalkot) atau pemilihan bupati dan wakil bupati (pilbup), sekaligus pemilihan gubernur dan wakil gubernur (pilgub).

Di tahun yang sama pula, akan diselenggarakan Pemilu atau pemilihan legislatif yang juga bersamaan dengan pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres).

Ketua KPU Provinsi Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok, mengatakan, pendidikan dan sosialisasi kepada para pemilih pemula ini bertujuan supaya mereka bisa menjadi pemilih yang cerdas.

Berdasarkan pengalaman Pemilu sebelumnya, kata Rifqi, pemilih pemula pun bisa memengaruhi pemilih generasi lainnya dalam menentukan hak pilihnya.

Baca juga: Komisioner KPU Jabar Dieksekusi ke Lapas Perempuan Bandung, Kasus Dana Hibah

"Sehingga ke depannya kita harapkan bahwa para pemilih ini bisa menggunakan hak pilihnya dengan lebih berkualitas, memilih dengan rasional, tidak kemudian terpengaruh oleh hal-hal yang tidak baik," ujar Rifqi di Bandung, Minggu (14/8/2022).

Dia mengatakan, para pemilih pemula yang didatangi langsung oleh KPU Jabar ke berbagai sekolahnya ini diberikan literasi dan informasi mengenai kepemiluan.

Hal ini untuk memacu keinginan mereka dalam mengeksplorasi isu-isu kepemiluan dengan baik, termasuk melalui berbagai kanal informasi.

"Pengetahuan mereka terhadap media informasi kan lebih tinggi dibandingkan generasi yang lainnya. Makanya kita tidak hanya menyampaikan pendidikan kepemiluan dan pengetahuan terkait dengan kepemiluan, tetapi kita menyampaikan media-media yang bisa diakses untuk mendapatkan informasi terkait kepemiluan," ujarnya.

Selanjutnya, para pemilih pemula ini diharapkan menjadi penyampai informasi juga bagi KPU.

Sehingga pemilih pemula ini atau rekan-rekan pelajar juga bisa mengakses media-media sosial yang dimiliki KPU RI, KPU Provinsi Jabar, maupun KPU tingkat kota dan kabupaten.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved