Disdik Jabar Usulkan Ki Hajar, Seorang Guru Honorer Asal KBB Jadi Tokoh Pendidikan ke Ridwan Kamil

Dinas Pendidikan Jabar mengusulkan guru honorer asal KBB, Hadjarudin Supiana atau Ki Hajar menjadi tokoh pendidikan ke Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Tribun Jabar/Muhamad Nandri Prilatama
Kisah guru honorer asal Bandung Barat, Hadjarudin Sufianan (75), diangkat ke film dokumenter oleh Masagi Pictures Indonesia. Dinas Pendidikan Jawa Barat mengusulkan Hadjarudin Supiana atau Ki Hajar menjadi tokoh pendidikan ke Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Pendidikan Jawa Barat mengusulkan seorang guru honorer asal Bandung Barat, Hadjarudin Supiana (75) menjadi tokoh pendidikan ke Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Hadjarudin atau disapa Ki Hajar biasa mengajar di SDN Babakan Sirna, Kabupaten Bandung Barat yang berbatasan dengan Cianjur.

Kadisdik Jabar, Dedi Supandi menyebut pihaknya mengusulkan pula penghargaan dan penobatan sebagai tokoh pendidikan atas pengabdiannya lebih dari 50 tahun.

"Pengabdiannya sudah setengah abad dan tanpa pamrih. Tantangan di era mengajar tidak mudah, tetapi tantangan jarak lokasi untuk turun mencerdaskan anak bangsa itu luar biasa perjuangannya," katanya, Minggu (14/8/2022) melalui sambungan telepon.

Alasan-alasan itu yang kemudian Disdik Jabar usulkan Ki Hajar menjadi tokoh pendidikan yang dinilainya wajar mengingat perjuangannya yang punya peran dalam dunia pendidikan di Jabar dan sepatutnya diberikan oleh pemerintah.

"Kami usulkan Ki Hajar itu suatu kewajaran untuk sosok guru yang mengabdi tanpa pamrih," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Bandung Barat Belum Juga Temui Guru Honorer Hadjarudin Supiana, Baru Sebatas Rencana

Dedi menyebut Disdik Jabar menggandeng tim penilaian kinerja daerah yang ada di bagian kepegawaian untuk menilai Ki Hajar.

Hadjarudin Supiana(75) seorang guru honorer yang mengabdi selama 52 tahun di pelosok Bandung Barat.
Hadjarudin Supiana(75) seorang guru honorer yang mengabdi selama 52 tahun di pelosok Bandung Barat. (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

Rencananya, pemberian penghargaan itu akan dilakukan bertepatan dengan HUT Kemerdekaan ke-77 Indonesia atau saat peringatan Hari Guru Nasional pada 24 November. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved