Yuk Hadiri Local Creative Festival di Bandung, Pameran Produk Karya UMKM Lokal, Catat Tanggalnya

Yuk Hadiri Local Creative Festival di Bandung mengahdirkan produk karya UMKM Lokal

putri puspita n
Pameran produk lokal, Local Creative Festival di Bandara Husein Sastranegara 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ada pemandangan berbeda di Bandara Husein Sastranegara karena terdapat Local Creative Festival di hari ulang tahun PT Angkasa Pura II yang ke-38 tahun.

Dalam event ini, berbagai produk hasil usaha mikro kecil menengah (UMKM) pun dipamerkan di dekat pintu keberangkatan domestik.

Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara, Cin Asmoro mengatakan sebanyak 115 pelaku umkm yang ikut pameran  dengan total 250 produk yang terdiri dari fesyen, kuliner, dan kriya.

"Event ini diadakan selama 5 hari yaitu mulai 13-17 Agustus 2022 sebagai bentuk pemulihan ekonomi umkm bangkit dari Pandemi Covid-19," ujar Cin saat ditemui di Bandara Husein, Sabtu (13/8/2022).

Baca juga: Ciptakan UMKM Tangguh, Airlangga Hartarto; Pelaku Usaha Harus Adopsi Teknologi Digital

Dalam perayaan ulang tahun, Cin mengatakan AP II juga mengadakan Travelin Fest dengan salah satu kegiatannya adalah Travel Hub Fair, tempat berburu tiket pesawat murah di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Bandung, Atet Dendi Handiman mengatakan selama dua tahun, pelaku umkm banyak yang terdampak dan sekarang mulai kembali bangkit.

"Jumlah umkm di Kota Bandung ada 140 ribu dan sekitar 8600 yang ada di database. Adanya pameran ini tentunya membantu  pemasaran pelaku umkm," ujar Atet.

Event seperti ini kata Atet sejalan dengan pemerintah pusat dimana setiap fasilitas publik harus menyiapkan 30 persen area untuk umkm.

Ia juga berharap event seperti ini bisa konsisten sehingga menjadi event tahunan di Kota Bandung.

Baca juga: Sambut Harnas UMKM, MenKopUKM Teten Masduki: Transformasi Digital Kunci UMKM Pulih dan Tahan Resesi

"Tidak hanya bantu memasarkan tetapi kita juga menggunakan produk mereka. Kami sedang mempersiapkan aplikasi belanja serba lokal untuk  memudahkan umkm," ujarnya.

Salah satu pelaku umkm  Nina Sofia owner Bagja Fashion mengatakan adanya pameran ini membantunya untuk membranding  kembali produk eco printnya.

"Sebelum pandemi saya suka ikut pameran, tetapi sejak 2 tahun terakhir tidak ada kegiatan pameran dan baru sekarang saya ikutan lagi," ujarnya.

Nina berharap dengan mengikuti Local Creative Festival ini produknya selain bisa dikenal dapat meningkatkan penjualan.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved