Tips Sukses Negosiasi Bisnis Untuk Pemula

Dalam bisnis, memenangkan negosiasi tidak berarti kamu mendapatkan semua keuntungan yang di inginkan. Namun, memenangkan negosiasi terjadi ketika...

HO TRIBUNNEWSWIKI
Illustrasi. Sukses bisnis. 


TRIBUNJABAR.ID - Dalam sebuah bisnis negosiasi dan Mou menjadi kata yang hampir setiap saat kita dengar.

Keduanya memiliki keterkaitan dalam suatu kerjasama untuk mendapatkan keuntungan. Bahkan berjalannya suatu usaha tentu dipengaruhi oleh negosiasi hingga mencapai MOU.

Sebagai seorang pemula dalam dunia bisnis, negosiasi bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa taktik sederhana untuk memenangkan negosiasi bisnis bagi pemula. Apa? Ini adalah ulasan.

Sebelum membahas tips bagaimana cara negosiasi bisnis agar sukses, maka sebaiknya kamu tahu pengertian dari kedua istilah tersebut. Negosiasi adalah sebuah proses diskusi. Negosiasi dilakukan untuk tujuan menyelesaikan sebuah masalah. Melihat dari sisi etimologis, kata negosiasi berasal dari bahasa Inggris, berasal dari kata “to negotiate” dan “to be negotiating”.

Sementara itu, pengertian MOU adalah suatu dokumen legal dimana isinya menjelaskan mengenai perjanjian pendahuluan antara dua belah pihak dan merupakan dasar dalam menyusun kontrak di masa mendatang.

MOU merupakan negosiasi yang tertulis, sehigga memenangkan negosiasi merupakan hal yang penting dalam suatu bisnis. Dalam sebuah bisnis biasanya negosiasi dikaitkan dengan hubungan kerjasama antara bidang usaha yang saling mendukung.

Dalam bisnis, memenangkan negosiasi tidak berarti kamu mendapatkan semua keuntungan yang di inginkan. Namun, memenangkan negosiasi terjadi ketika ada solusi keduanya saling menguntungkan. Nah, untuk mencapai win-win ini, berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan:

1. Dengarkan dan pahami dalam negosiasi bisnis
Umumnya dalam sebuah bisnis atau kerjasama ada masalah yang tidak disepakati keduanya. Bahkan negosiasi selalu ada karena munculnya permasalahan dalam sebuah bisnis. Dalam hal ini, kamu sebagai pemilik bisnis tentu memiliki hal-hal yang menguntungkan bukan?
Menyampaikan pendapat adalah hal yang benar, akan tetapi jangan lupa untuk mendengarkan apa yang menjadi masalah dari sudut pandang pihak yang ingin bekerjasama. Mendengarkan dan pahami masalahnya dan bandingkan dengan masalah dari sudut pandang kamu.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved