Persib Bandung

PERSIB BANDUNG Dapatkan Kemenangan di Bawah Kendali Budiman, Namun Yudi Guntara Soroti Hal Ini

Budiman dinilai memberi warna berbeda kepada Persib Bandung. Berkat sentuhan itu, Persib Bandung akhirnya meraih kemenangan pertama.

Penulis: Deanza Falevi | Editor: Giri
Tribun Jabar/Deni Denaswara
Pemain Persib Bandung Ciro Alves menendang bola yang diadang kiper PSIS Semarang Wahyu Tri Nugroho pada laga di pekan keempat Liga 1 2022-2023 yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Sabtu (13/8/2022) sore. Persib menang 2-1. 

Laporan Wartawan Tribunjabar.id, Deanza Falevi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Budiman dinilai memberi warna berbeda kepada Persib Bandung. Berkat sentuhan itu, Persib Bandung akhirnya meraih kemenangan pertama di Liga 1 2022-2023.

Di pekan keempat, Persib Bandung mengalahkan PSIS Semarang di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Sabtu (13/8/2022) malam.

Persib Bandung menang 2-1.

Dua gol Persib Bandung dicetak oleh David da Silva di menit 25 dan 66. Sedangkan PSIS Semarang dicetak oleh Taisei Marukawa menit ke-31.

Mantan pemain Persib Bandung Yudi Guntara menilai Budiman yang menjadi pelatih sementara setelah manajemen mengakhiri kerja sama dengan Robert Alberts, membawa perbedaan di permainan Persib Bandung.

"Budiman ini bisa di bilang berani, pasalnya ia bisa berani memainkan pemain yang berbeda dari sebelum-sebelumnya. Seperti dia sekarang memasang Achmad Jufriyanto dari menit awal. Dari tiga pertandingan kemarin kan Jupe cuma jadi cadangan," ucap Yudi saat dihubungi Tribunjabar.id, Sabtu.

Yudi menilai, Budiman bisa menganalisis pertandingan dengan baik sehingga bisa mengubah situasi yang tepat dan membawa Maung Bandung menang di kandang.

"Sejumlah perubahan terjadi saat Budiman dan Yaya (Sunarya) handel secara langsung. Rachmat Irianto seperti memainkan perannya dengan benar," Yudi Guntara sosok legenda Persib di tahun 1990-an.

Menurut Yudi, Budiman berhasil membaca permainan Taisei Marukawa yang selalu mencoba menyerang dari kiri yang dijaga oleh Kakang Rudianto.

Bahkan, Marukawa menjebol gawang I Made Wirawan setelah mengelabuhi Kakang.

Baca juga: KOMENTAR Budiman Setelah Antarkan Persib Bandung Raih Kemenangan Pertama, Kalahkan PSIS 2-1

"Waktu babak pertama kan gol Marukawa itu masuk ketika Kakang tidak siap menjaganya, lalu seri lah Persib. Tapi Budiman ini membacanya dengan baik, akhirnya kan Rachmat Irianto geser menggantikan posisinya Kakang," ucap Yudi.

Dia menilai, seharusnya Budiman bisa memainkan pemain muda seperti Kakang dengan situasi yang tepat.

"Memainkan pemain muda yah bagus lah, tapi saat ini yang terpenting adalah bila 11 pemain utama Persib itu tersedia, yah seharusnya itu saja yang dimainkan. Setelah kondisi menang atau menit-menit terakhir, barulah boleh memasukkan pemain muda," katanya.

Starting eleven Persib Bandung saat berhadapan dengan PSIS Semarang di pekan keempat Liga 1 2022-2023 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Sabtu (13/8/2022). Persib menang 2-1.
Starting eleven Persib Bandung saat berhadapan dengan PSIS Semarang di pekan keempat Liga 1 2022-2023 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Sabtu (13/8/2022). Persib menang 2-1. (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

Selain itu, dia juga melihat bahwa peran Ciro Alves sebagai gelandang serang tidak membantu permain Persib yang sedang melakukan serangan.

"Ciro main dari menit awal terlalu banyak menggiring bola, habis itu kehilangan. Saya heran pada babak kedua itu kenapa Frets Butuan yang diganti, bukannya Ciro. Menurut saya Ciro tak banyak membantu," ucapnya.

Baca juga: Persib Bandung Raih Kemenangan Pertama Setelah Gol Lemparan ke Dalam Dewangga Dianulir

Selain Ciro, Yudi juga menilai David da Silva yang sudah berhasil mencetak dua gol masih kurang kerja samanya.

"Jadi catatan saya untuk Budiman dan timnya di laga selanjutnya adalah membangun komunikasi dengan baik, bisa dilihat David da Silva yang hingga menit akhir jarang mengoper bola ketika berada di jantung pertahanan lawan," ucapnya.

"Selalu mencetak gol itu bagus, tapi ini kan Persib, kerja sama yang utama. Tinggal bagaimana Budiman dan Yaya untuk meningkatkan komunikasi yang baik para pemain di pertandingan selanjutnya agar lebih kompak," tutup Yudi. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved