Angka Kecelakaan di Majalengka Terus Diupayakan Turun, Warga Diminta Patuh Peraturan Lalu Lintas

Angka kecelakaan pada periode Januari-Agustus 2022 di wilayah hukum Polres Majalengka mengalami penurunan jika dibandingkan periode sebelumnya

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Cirebon/ Eki Yulianto
Kecelakaan terjadi melibatkan dua kendaraan yakni minibus dan truk di ruas Jalan Raya Cigasong-Rajagaluh, tepatnya di Desa Cikalong, Kecamatan Sukahaji, Kabupaten Majalengka, Senin (4/4/2022) pagi. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNJABAR.ID, MAJALENGKA - Satlantas Polres Majalengka memiliki langkah tersendiri dalam menekan angka kecelakaan di wilayahnya.

Meski mengalami penurunan dibanding tahun lalu, petugas sudah melakukan sejumlah langkah yang diterapkan agar angka kecelakaan terus menurun.

Kasat Lantas Polres Majalengka, AKP Ngadiman mengatakan, angka kecelakaan pada periode Januari-Agustus 2022 di wilayah hukum Polres Majalengka mengalami penurunan jika dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021.

Baca juga: Kecelakaan Maut di Sukabumi, Salip Kontainer Lalu Jatuh, Seorang Pria Meninggal Dunia

Penurunan angka kecelakaan memang banyak faktornya.

Meski demikian, bukan berarti pihak berwajib berpangku tangan, karena beberapa langkah sudah diterapkan agar bisa mengurangi angka kecelakaan di wilayah kota berjuluk Angin ini.

"Kita sudah melakukan beberapa langkah yang dilakukan. Diantaranya, kita menentukan daerah rawan kecelakaan dan melakukan pengkajian terhadap daerah-daerah tersebut," ujar Ngadiman kepada media, Jumat (12/8/2022).

Ia menyampaikan, berbagai langkah lain seperti sosialisasi juga dilakukan agar masyarakat benar-benar bisa mengindahkan peraturan lalu lintas dan keselamatan berkendara.

"Kita terus melakukan sosialisasi, baik secara langsung terhadap masyarakat mengenai keamanan dan keselamatan berkendara maupun melalui himbauan dengan pemasangan spanduk peringatan rawan laka lantas," ucapnya.

Selain itu, untuk menekan angka fatalitas kecelakaan di jalan raya, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan beberapa instansi terkait.

Di antaranya, Dinas Pendidikan, Dishub dan PUTR serta instansi terkait lainnya.

Baca juga: Kecelakaan di Jalur Maut Gekbrong, Truk Angkut Ekskavator Alami Rem Blong, Tabrak Pikap dan Warung

"Kita selalu menyambangi ke sekolah-sekolah agar para pelajar selalu menerapkan disiplin berlalu lintas sejak usia dini."

"Sehingga diharapkan akan terciptanya kesadaran diri dan patuh hukum serta terus menggelorakan Kamseltibcar Lantas," jelas dia.

Di samping itu, menurutnya, Satlantas Polres Majalengka juga selalu berkoordinasi dengan Dishub Kabupaten Majalengka.

Agar senantiasa mapping daerah daerah yang masih kurang akan rambu lalu lintas atau penerangan jalan umum.

"Untuk ke Dinas PUTR sendiri, kita berkoordinasi tentang jalan yang sudah rusak ataupun bergelombang, agar gerak cepat untuk memperbaiki jalan tersebut, supaya masyarakat lebih nyaman dan taat dalam berkendara," katanya.

Sumber: Tribun Cirebon
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved