Peringati 10 Muharam, Masyarakat Adat Kabuyutan Dayeuhluhur Doakan NKRI Utuh dan Jaya Selalu

Masyarakat adat Kabuyutan Dayeuhluhur Gegerkalong, Kota Bandung,gelar acara peringatan 10 Muharram sekaligus ingin melestarikan budaya adat istiadat

Tribun Jabar / Muhammad Nandri
Masyarakat adat Kabuyutan Dayeuhluhur Gegerkalong, Kota Bandung,gelar acara peringatan 10 Muharram sekaligus ingin melestarikan budaya adat istiadat leluhurnya, Senin (8/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Masyarakat adat Kabuyutan Dayeuhluhur Gegerkalong, Kota Bandung,gelar acara peringatan 10 Muharam sekaligus ingin melestarikan budaya adat istiadat leluhurnya, Senin (8/8/2022).

Tokoh Kabuyutan Dayeuhluhur Gegerkalong Kota Bandung, Abah Yusuf Bachtiar menyampaikan bahwa peringatan 10 Muharam dimulai dengan acara ritual adat sebagaimana diamanatkan oleh leluhur.

Seperti berziarah ke makam leluhur yang dihadiri masyarakat dari paguron silat se-Bandung Raya.

"Tadi kami berjalan dari Bale Kabuyutan ke masjid sekitar 500 meter, lalu ke makam lakukan doa, dan kembali lagi ke Bale Kabuyutan hingga menggelar hiburan lewat media kelapa," katanya.

Baca juga: Kabuyutan Dayeuhluhur Gegerkalong Gelar Peringatan 10 Muharram

Abah Yusuf berharap adat budaya nusantara bisa terus lestari karena merupakan warisan leluhur. Selepas Isya, merek melaksanakan munajat mendoakan untuk kebaikan bangsa Indonesia.

"Merah putih adalah lambang NKRI, makanya tadi ada bubur merah dan bubur putih. Kami doakan agar para pemimpin bangsa dan negeri ini terus berada di jalan kebaikan, serta NKRI tetap ada tidak terganggung oleh ulah intoleran," katanya.

Ia juga mengingatkan soal perlindungan budaya nusantara merujuk merujuk pada Undang-Undang nomor 5 tahun 2017 tentang pemuliaan adat budaya, serta peraturan menteri terkait adat budaya di setiap daerah.(*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved