Divonis Penjara, Tiga Jenderal NII di Garut Tidak Ajukan Banding, Terima Putusan Majelis Hakim

Tiga terpidana jenderal Negara Islam Indonesia (NII) tidak ajukan banding atas vonis majelis hakim yang memutuskan ketiganya bersalah.

Tribun Jabar/ Sidqi Al Ghifari
Tiga jenderal NII Jajang Koswara (50), Sodikin (48), dan Ujer Januari saat dipeluk oleh istri masing-masing sesaat sebelum dibawa kembali ke rumah tahanan setelah mengikuti sidang vonis, Kamis (23/6/2022). 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Garut, Sidqi Al Ghifari

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Tiga terpidana jenderal Negara Islam Indonesia (NII) tidak ajukan banding atas vonis majelis hakim yang memutuskan ketiganya bersalah.

Trio jenderal NII mendapat hukuman penjara berbeda. Ujer Januari (70) divonis 1,6 tahun, sementara Jajang Koswara (50) dan Sodikin (48) divonis 4 tahun enam bulan.

Ujer Cs terbukti bersalah dengan melanggar Pasal 110 KUHP Tentang Makar dan Pasal 66 Jo Pasal 24 UU RI Nomor 24 Tahun 2009 Tentang Penghinaan Lambang Negara sebagaimana dalam dakwaan primer.

Baca juga: Tiga Jenderal NII di Garut Akhirnya Divonis, Istri dan Keluarga Menangis, Suami Mana Tahu Makar Apa

"Ketiga terpidana tidak mengajukan banding, mereka menerima putusan hakim," ujar kuasa hukum ketiga terpidana, Rega Gunawan kepada Tribunjabar.id, Senin (8/8/2022).

Ia menuturkan, pihak keluarga pun menerima putusan tersebut.

Menurutnya ketiga jenderal NII itu juga secara sadar mengakui kesalahan yang telah mereka perbuat.

"Kemudian mereka juga sudah berikrar kembali ke pangkuan NKRI, dulu mereka melakukan hal tersebut (makar) karena ketidaktahuan," ucapnya.

Rega menjelaskan vonis tersebut dianggap cukup ringan dibandingkan dengan kasus-kasus makar lainnya yang bisa sampai 20 tahun bahkan hukuman mati.

Sebelumnya, ketiga jenderal NII di Garut sebarkan paham NII melalui kanal Youtube dengan nama akun Parkesit 82.

Penyebaran NII yang mereka lakukan merupakan perintah langsung dari Presiden NII, Sensen Komara menjelang meninggal dunia.

Baca juga: Isak Tangis Istri Jenderal NII Selimuti Sidang Vonis: Suami Saya dari Kampung, Tidak Tahu Makar

Ketiganya disebut melakukan aksi makar, salah satunya dengan mengibarkan bendera NII di Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat pada tahun 2021 yang kemudian diamankan pihak berwajib.(*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved