Tingkatkan Kualitas Lulusan SMK, Gamelab Indonesia Luncurkan Program SMK Binaan

Lulusan SMK digadang-gadang menjadi lulusan yang siap kerja. Faktanya, menurut survei BPS pada Februari 2022, lebih dari 1,8 juta lulusan SMK di Indon

Istimewa
Andi Taru NNW, S.Kom., M.Cs. - CEO Educa Studio / Gamelab Indonesia (putih-kiri) menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kemendikbud via Ditjen Vokasi. 

TRIBUNJABAR.ID, Lulusan SMK digadang-gadang menjadi lulusan yang siap kerja. Faktanya, menurut survei BPS pada Februari 2022, lebih dari 1,8 juta lulusan SMK di Indonesia masih menganggur.

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dari lulusan SMK menjadi salah satu yang paling tinggi dibandingkan dengan jenjang lainnya. Hal ini tentu kontradiktif dengan tujuan utama pendidikan SMK yang diharapkan menghasilkan lulusan yang siap kerja.

Program Link and Match

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Ditjen Vokasi memiliki program link and match antara SMK dan pihak industri agar lulusan SMK lebih siap kerja. Dalam program ini, SMK harus mempunyai industri pendamping yang linear dengan jurusan yang ada di sekolah.

Sekolah ditekankan untuk melakukan sinkronisasi kurikulum dengan pihak industri. Sekolah juga perlu memfasilitasi siswanya agar dapat melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) sesuai dengan jurusan yang diambil.

Selain itu, sekolah perlu menerapkan sistem Project Based Learning (PBL) di dalam pembelajarannya dan memiliki unit produksi (Teaching Factory) untuk meningkatkan keterampilan siswa.

Ditjen Vokasi menggandeng berbagai industri sebagai mitra untuk mensukseskan program ini. Salah satunya adalah PT Educa Sisfomedia Indonesia - Gamelab Indonesia yang sudah menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kemendikbud melalui Ditjen Vokasi untuk turut serta memajukan pendidikan vokasi di Indonesia, khususnya SMK.

Penandatanganan ini merupakan bentuk komitmen Gamelab yang sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo dalam Inpres Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan agar lulusan SMK lebih siap menghadapi industri 4.0.

Sesuai instruksi presiden tersebut, Gamelab turut mengambil peran aktif dengan menyediakan berbagai program untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK agar sesuai standar industri, sehingga lulusan SMK mampu bekerja ataupun berwirausaha.

Tentang Gamelab Indonesia

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved