Pelayaran dan Penerbangan Taiwan Indonesia Terhambat Latihan Militer China, Respons Kunjungan Pelosi

Pada 4-7 Agustus 2022, pelayaran dan penerbangan Taiwan Indonesia terhambat, bahkan bisa juga dibatalkan.

Penulis: Adi Sasono | Editor: Adi Sasono
DOK TETO SURABAYA
Ketua DPR AS, Nancy Pelosi, saat berkunjung ke Taiwan. Sebagai respons atas kunjungan itu, China menggelar latihan militer di sekitar Taiwan. Menutu Taiwan, latihan itu menghambat jalur pelayaran dan penerbangan ke Taiwan, termasuk dari Indonesia. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Hingga 7 Agustus 2022, pelayaran dan penerbangan antara Taiwan Indonesia terhambat, bahkan bisa juga dibatalkan.

Kabar ini disampaikan Director Regional Taipei Economic and Trade Office (TETO) in Surabaya, Benson Lin melalui siaran pers-nya, Kamis (4/8/2022).

Menurut Benson Lin, hambatan itu bukan karena pandemi Covid-19, melainkan latihan militer China di sekitar pulau Taiwan mulai 4 Agustus.

Latihan militer China di sekitar Taiwan itu dilakukan terkait kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

"Kunjungan Pelosi dilakukan pada 2 Agustus malam hingga sore hari berikutnya," kata Benson Lin.

Namun, seperti banyak diketahui kunjungan Pelosi ke Taipei itu sangat ditentang China yang kemudian merespons dengan menggelar latihan militer.

"Latihan itu menggunakan peluru tajam dan dilakukan di enam wilayah udara dan laut Taiwan, di utara, timur laut, barat laut, timur, selatan, dan barat daya," tutur Benson Lin.

Karena latihan militer itu, kata Benson Lin, semua kapal dan penerbangan di yang melewati area tersebut dialihkan.

"Semua dilarang melewati area tersebut. Manuver semacam ini bagaikan mengisolasi Taiwan, mempengaruhi operasi tujuh pelabuhan angkatan laut dan udara serta 17 jalur komunikasi internasional Taiwan," kata Benson Lin.

Ia menambahkan, bahkan beberapa daerah yang ditetapkan sebagai lokasi latihan pun dianggap melanggar batas wilayah angkatan laut dan ruang udara Taiwan serta menurut hukum internasional melanggar Hak yang dimiliki oleh Taiwan .

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved