Breaking News:

Liputan Khusus Tribun Jabar

LIPUTAN KHUSUS TRIBUN JABAR: Pekerja Diskominfotik KBB Dikasih Surat Digaji Separuhnya atau Keluar

Sebanyak 36 Tenaga Kerja Kontrak (TKK) di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bandung Barat (KBB) harus menerima keny

Tribunjabar.id
Ilustrasi - Sebanyak 36 Tenaga Kerja Kontrak (TKK) di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bandung Barat (KBB) harus menerima kenyataan pahit. Gaji mereka kini hanya dibayar separuhnya. 

BANDUNG BARAT, TRIBUN - Sebanyak 36 Tenaga Kerja Kontrak (TKK) di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bandung Barat (KBB) harus menerima kenyataan pahit. Gaji mereka kini hanya dibayar separuhnya.

Pemerintah KBB mengaku tak mampu lagi membayar gaji mereka secara penuh, menyusul krisis keuangan yang terus dialami Pemkab Bandung Barat, sehingga setiap kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terpaksa harus memutar otak karena anggaran yang tersedia hanya cukup hingga September 2022.

Seorang TKK Diskominfotik KBB mengaku tak punya pilihan selain menerima keputusan pemotongan gaji hingga separuhnya itu.

Sebelum gajian Juli lalu, ujarnya, ia dan teman-temannya di Diskominfotik KBB disodori surat pernyataan persetujuan mereka untuk mendapatkan gaji separuh gaji sebelumnya yang biasa mereka terima mulai bulan Juli.
Saat itu mereka hanya diberikan satu pilihan: tandatangani pernyataan persetujuan atau keluar!

Baca juga: Anggota DPRD Jabar Komisi III Tampung Program dan Aspirasi Warga Mekarmukti Bandung Barat

"Kami tentu sangat tak setuju dengan isi dalam surat pernyataan itu karena belum ada titik temu. Tapi kalau kami tidak ikut aturan, gaji tak dicairkan," ujar salah seorang TKK Diskominfotik KBB sendu, sambil wanti-wanti agar identitasnya tak disiarkan. "Kami tidak punya pilihan."

Hal senada dikatakan TKK Diskominfotik KBB lainnya, yang juga meminta agar identitasnya tak dikutip.

"Sekarang, kami mendapatkan gaji disesuaikan dengan kondisi anggaran atau dibayar setengah," ujarnya.

Meski sedih dan kecewa, TKK yang sudah bekerja selama 13 tahun ini juga mengaku hanya bisa menerima dan berharap, gajinya bisa kembali seperti sediakala saat keuangan KBB kembali pulih seperti sedia kala.

"Sebab kata disesuaikan ini maksudnya luas. Kalau anggarannya ada pada APBD perubahan nanti, enggak mungkin atasan tega, pasti ada penambahan lagi," ujarnya seraya mengatakan, para TKK di Diskominfotik sudah menandatangani surat pernyataan kesediaan penurunan gaji yang dikeluarkan oleh Diskominfotik itu.

Kepala Diskominfotik Bandung Barat, Siti Aminah Anshoriah, mengatakan penyesuaian gaji untuk 36 TKK yang sudah berlaku sejak Juli itu rencananya akan berlangsung hingga September 2022.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved